Angin Puting Beliung Porak-porandakan Pasar Padang Luar, Agam

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Angin Puting Beliung Porak-porandakan Pasar Padang Luar, Agam

Sabtu, 05 Oktober 2019
.
Bukittinggi, fajarsumbar.comAngin puting beliung memporak porandakan pasar sayur Padang Luar,  Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam,  Jum'at.(4/10/2019)

Informasi yang berhasil di himpun di lokasi kejadian menyebutkan peristiwa terjadi sekitar pukul 13.45 WIB. Saat itu kondisi pasar sayur terbesar di wilayah Agam itu sedang ramai.

Tiba tiba warga dikejutkan suara gemuruh seperti hujan yang diiringi angin kencang. Atap los induk pasar Padang Luar diterbangkan angin dan menimpa sejumlah kendaraan yang sedang parkir di depan los induk tersebut. 

Sejumlah saksi yang berada dilokasi kejadian mengaku sangat ketakutan ketika melihat atap los  induk itu terbang bersama rangkanya., mereka berusaha lari menyelamatkan diri,  bahkan ada diantaranya yang terjatuh saat menyelamatkan diri. 

"Kita sedang menjual sayur,  tiba tiba atap los induk terbang dengan rangka bajanya, Melihat kondisi itu kita lari menyelamatkan diri namun terjatuh, "ujar Warni salah seorang pedagang asal batu palano itu. 

Akibat kejadian itu ia mengalami luka luka ringan pada sebagian kaki dan tanganya,  serta material bangunan ada yang menimpanya. 

Hal yang sama juga di kemukakan, Rini, salah seorang korban asal air angek koto baru, Kabupaten Tanah datar itu. 

Saat kejadian ia sedang membeli sayur,  namun tiba tiba ia mendegar suara gemuruh dari arah timir, tak lama setelah itu terlihat atap los induk itu diterbangkan angin.


.

Melihat kondisi itu ia sangat ketakutan dan berusaha lari menyelamatkan diri. 

"Namun karena suasana sangat kacau ia terjatuh dan terinjak saat menyelamatkan diri, "ujarnya. 

Sementara saksi lain sebelum kejadian melihat angin berputar putar diatas atap los itu dan kemudian menerbangkan atap tersebut. 

Sementara Walinagari Padang Lua, Edison yang dikonfirmasi Singgalang membenarkan peristiwa itu,  menurut Edison, ia baru pulang melaksanakan shalat jum'at tiba tiba ia dikasih informasi oleh warga bahwa atap los induk padang lua di terbangkan angin. 

Mendapatkan informasi itu ia langsung ke TKP, dan saat itu sudah mendapati  atap los itu sudah berpindah ke halaman los dan menimpa sejumlah  kendaraan di bawahnya. 

Akibat kejadian itu tidak ada korban jiwa,  namun sejumlah warga mengalami luka luka,   "Ada dua warga yang terluka dan satu warga pinsan," tegasnya. 

Warga yang luka luka maupun yang pinsan sudah ditangani oleh petugas mendis. 

Sementara kerugian akibat Kejadian itu belum bisa dipastikan tapi diperkirakan ratusan juta rupiah. 

Edison berharap los induk itu dapat segera diperbaiki,  karena hampir 1500 pedagang yang menggantungkan hidup nya dipasar itu. 

Saat ini sudah dilakukan pembersihan terhadap material yang menimpa sejumlah kendaraan di lokasi itu. 

Sementara sejumlah pedagang sebagain juga tetap melanjutkan aktfitasnya. (gd)