Bapenda Padang Siap Optimalkan Pencapaian Target PAD

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Bapenda Padang Siap Optimalkan Pencapaian Target PAD

Rabu, 09 Oktober 2019
Wako Mahyeldi Ansharullah saat memberikan arahan pada Bimtek administrasi perpajakan yang digelar Bapenda Padang, Selasa (8/10/2019).

Padang, fajarsumbar.com - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Padang siap mengoptimalkan pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD). Berbagai upaya dilakukan, begitu juga gencar melakukan sosialisasi kepada wajib pajak (WP), agar 10 jenis pajak yang dikelola bisa maksimal.

Demi tercapainya sasaran tertib administrasi perpajakan, diperlukan perubahan dan peningkatan pengetahuan mengenai pajak itu sendiri. Perubahan tersebut harus tetap terukur, terarah dan terencana, sehingga sesuai dengan prioritas pembangunan Pemerintah Kota Padang.

Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Administrasi Perpajakan di salah satu hotel di Padang, Selasa, (8/10/2019) menyebutkan, Bapenda harus menciptakan inovasi agar target tercapai.

Menurut Mahyeldi, selaku OPD penghasil pajak Bapenda harus melangkah lebih maju dalam mencapai target pendapatan pajak daerah yang telah ditetapkan. Sebagaimana memiliki tanggung jawab yang berat dalam melakukan penagihan, pendataan serta pengawasan terhadap 10 jenis pajak yang dikelola.

Lebih jauh disampaikan walikota, perlu diketahui bersama bahwa administrasi perpajakan menjadi batang tubuh dari pelaksanaan pemungutan pajak daerah. Tanpa adanya administrasi perpajakan, maka pajak yang dipungut dari masyarakat tidak bisa terkelola dengan baik dan dipertanggungjawabkan secara benar.

“Banyak upaya yang telah dilakukan termasuk dengan telah dibentuknya 5 Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Bapenda. Maka itu melalui bimtek ini semoga dapat meningkatkan pengetahuan seluruh peserta, kemudian kualitas dalam melakukan penagihan dan pendataan sehingga tercapainya target Bapenda. Semuanya tentu demi mengoptimalkan pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang,” tukas wako menyemangati.

Sementara itu, Sekretaris Bapenda Kota Padang Syukral Syaukani mengatakan, kegiatan bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan penguatan administrasi pengelolaan pajak daerah. Sehingga dapat lebih memacu semangat dan menggali potensi dalam peningkatan kinerja ke depan.

“Semoga, dengan dilaksanakannya bimbingan teknis administrasi perpajakan ini akan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman teknis administrasi pajak. Sehingga dapat menyampaikan informasi dengan benar kepada wajib pajak dan realisasi pajak pun berjalan maksimal,” sebutnya.(ab)