BSSN AKtifasi Sertifikat Elektronik dan Tanda Tangan Digital

STIE-AKBP-30 JUNI

iklan halaman depan

BSSN AKtifasi Sertifikat Elektronik dan Tanda Tangan Digital

Kamis, 03 Oktober 2019


Tanah Datar, fajarsumbar.com-Untuk mendukung pelaksanaan Sistem Administrasi Perkantoran Elektronik (SIAPE) di Kabupaten Tanah Datar, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) melakukan aktifasi Sertifikat Elektronik dan Tanda Tangan Digital Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar. Aktifasi ini dipandu Kasi Pelayanan Sertifikasi Elektronik Balai Sertifikasi Elektronik Sandhi Prasetiawan di rumah dinas bupati dan wakil bupati, Rabu (02/10/2019).

“Karena aktifasi ini bersifat personal dan tidak bisa diwakilkan, maka seizin Kadis Kominfo Tanah Datar kita mendatangi Bapak Bupati dan Wakil Bupati secara langsung untuk proses pengaktifan sertifikat elektronik dan tanda tangan digital,” ungkap Sandhi yang didampingi Sekda Irwandi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis, Kadis Kominfo Abrar beserta pejabat di jajaran Kominfo dan Kabag Humas dan Protokol Yusrizal.

Sandi menjelaskan bupati dan wakil bupati mempunyai otoritas penuh terhadap ID Digital yang dimiliki dan tidak boleh diketahui karena menyangkut kewenangan yang dimiliki dan juga punya kekuatan hukum.  “Tanda tangan elektronik itu efektif karena sangat menghemat waktu, efisiensi, paperless dan punya kepastian hukum,” imbuhnya.

Bupati Irdinansyah Tarmizi mengungkapkan penerapan SIAPE di Tanah Datar sebagai bentuk pelaksanaan e-government yang mengedepankan pengelolaan pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel. “Kita mendukung program ini akan diterapkan karena akan mengefisenkan proses administrasi pemerintahan, untuk itu perlu dipersiapkan secara matang sarana pendukung agar program ini bisa berjalan sesuai harapan ” sampainya.

Senada dengan itu Wabup Zuldafri Darma menyambut baik penerapan SIAPE di Tanah Datar. “Sudah saatnya pengelolaan administrasi Tanah Datar memakai teknologi informasi karena akan jauh lebih efisien, tinggal lagi membiasakan hal baru setelah sekian lama terbiasa administrasi konvensional,” sampainya.

Sementara Kadis Kominfo Abrar melaporkan Dinas Kominfo sebagai leading sector sudah melaksanakan bimbingan teknis sertifikat elektronik dan tanda-tangan digital untuk pejabat yang berwenang dan besok dilanjutkan dengan Rakor Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Aula Kantor Bupati.(adek)