Bupati Solsel Ajak Walinagari Berlomba-lomba Tingkatkan Pendapatan Nagari

iklan halaman depan

Bupati Solsel Ajak Walinagari Berlomba-lomba Tingkatkan Pendapatan Nagari

Kamis, 24 Oktober 2019
.

Solok Selatan, Fajar Sumbar.com Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) menggelar Rapat Koordinasi walinagari se Solok Selatan di Aula Sarntau Sasurammbi, Kamis (24/10).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Solsel H. Muzni Zakaria mengajak Wali Nagari untuk berlomba-lomba meningkatkan pendapatan nagari, yang akhirnya juga untuk kesejahteraan masyarakat nagari.

Ia berharap nagari terus berinovasi dan memanfaatkan setiap jengkal tanah yang ada dalam meningkatkan pendapatan nagari.
"Jangan sampai ada semak belukar atau lahan yang tidak termanfaatkan di nagari nagari," pesan Bupati

Ia menambahkan, pemerintah daerah siap membantu bibit-bibit tanaman apabila diperlukan oleh nagari dalam rangka menunjang kesejahteraan masyarakat. “Kalau perlu bibit kopi, dan bibit lainnya, pemerintah daerah siap membantu,” ungkapnya saat memberikan sambutan dalam acara rakor wali nagari tersebut.

Bupati juga menyampaikan apresiasinya kepada Ketua DPRD yang selalu hadir dan mendukung setiap agenda yang dilakukan pemerintah saat ini, serta banyak pemikiran-pemikiran dalam membangun daerah.

"Ketua DPRD nya dari millenial dan punya banyak gagasan-gagasan yang bagus ketika berdiskusi dengan beliau," ungkapnya mengapresiasi

Dalam rakor wali nagari tersebut, Bupati Muzni juga menyerahkan penghargaan dari kepada nagari-nagari yang berhasil meraih prestasi terbaik tingkat Kabupaten Solok Selatan di bidang kinerja pengelolaan dana desa tahun 2018.

Keempat nagari tersebut ialah Nagari Koto Baru Kecamatan Sungai Pagu, Nagari Padang Air Dingin Kecamatan Sangir Jujuan, Nagari Padang gantiang Kecamatan Sangir Jujuan, dan Nagari Sako Selatan Pasia Talang Kecamatan Sungai Pagu.

Masing-masing nagari diatas berhak mendapat Piagam Penghargaan dan Dana sebesar Rp. 144,096 Juta dari pemerintah pusat melalui Kementerian Keuangan. Nantinya dana tersebut masuk kepada tambahan pendapatan bagi nagari/desa

Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda mengatakan bahwa ia mendukung agar sebagian dana desa juga dapat dimanfaatkan untuk pengembangan sumber daya manusia. Ia mengatakan, tantangan kedepan akan semakin besar sehingga membutuhkan aparatur-aparatur nagari yang kompeten dibidangnya.

Ia memberikan apresiasinya terhadap berbagai capaian yang telah dihasilkan nagari-nagari di Solok Selatan, sebagaimana yang ditampilkan melalui video pendek sebelum rakor dimulai
"Apresiasi kami terhadap nagari-nagari yang telah bekerja keras dalam memajukan nagarinya,"tukas Zigo.(Yuni Valora)