Camat Sungai Tarab Dan Kapolsek Cari Solusi Atasi Macet

iklan halaman depan



Camat Sungai Tarab Dan Kapolsek Cari Solusi Atasi Macet

Rabu, 02 Oktober 2019
Pasar Sungai Tarab

Tanah Datar, fajarsumbar.com-Kemacetan lalu lintas merupakan sebuah keadaan yang dipicu dari sebuah permasalahan dan juga bisa memicu permasalahan yang baru. Hal itu mendorong Camat Sungai Tarab Afrizal yang kerab disapa Ayah bersama Kapolsek Sungai Tarab Iptu. Harmen, S.Sos untuk lakukan peninjauan langsung ke lokasi pasar Sungai Tarab, Rabu (2/10/2019) tentang situasi terkini saat hari pasar setiap hari Rabu.
Camat Afrizal menyampaikan, pelaksanaan tinjauan langsung ke lokasi pasar untuk mendata dan menginventarisi permasalahan, persoalan dan pemecahan masalah yang mungkin bisa dilakukan. “Setiap hari Rabu setiap pekannya, lalu lintas di pasar Sungai Tarab ini selalu terpantau macet, jadi sengaja hari ini bersama pak Kapolsek untuk meninjau dan melihat kondisi sebenarnya di lapangan untuk kita coba carikan solusinya ke depan,” sampainya.
Karena itu, harap Camat Afrizal, dibutuhkan dukungan dan komitmen semua elemen masyarakat dan pemerintah untuk bersepakat untuk ke depannya menciptakan pasar Sungai Tarab yang tertib bebas macet. Dari hasil pantauan kita bersama Kapolsek, Pasar Sungai Tarab bisa dikatakan masih cukup representatif dan lapang untuk melakukan aktivitas di dalamnya. 
" Makanya saya juga mengharapkan kerjasama kita semua, mulai pemerintah nagari, pemuda, pengelola pasar dan masyarakat yang berjualan untuk lebih memanfaatkan sarana pasar, tidak lagi berjualan di pinggir jalan, sehingga pasar kita lebih baik, rapi, aman dan nyaman,” pungkasnya.
Dan menjawab pertanyaan salah seorang pedagang, yang menyatakan tidak laku atau sedikit jual beli kalau di dalam pasar, Camat Afrizal menyampaikan, kalaulah semua bersepakat berjualan di lokasi dalam pasar. “Kalau sudah terpusat di dalam pasar, tentu konsumen semuanya akan berada dalam pasar, sehingga transaksi terpusat di sana, tinggal rezeki masing-masing yang menentukan banyak sedikitnya jual beli,” tukasnya.
Di kesempatan itu juga, Kapolsek Iptu. Harmen sepakat dengan Camat, bahwa sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, tentu sedini mungkin diantisipasi agar jangan sampai terjadi.
“Pada hari pasar banyak terjadi transaksi jual beli di pinggir jalan yang tentunya menghambat arus lalu lintas sehingga timbullah kemacetan, namun sesuai pepatah minang untuang sapanjang masa malang sakijok mato, seandainya ada rem kendaraan yang blong atau supir ngantuk menabrak warga kita yang sedang beraktivitas jual beli, tentu akan menimbulkan musibah yang tidak terkira lagi, maka mari bersama kita dukung langkah pak Camat bersama-sama,” kata Harmen. (adek)