Dukung E Goverment, Tanah Datar Gelar Bimtek Serifikat Elektornik Dan Tanda Tangan Digital

iklan halaman depan



Dukung E Goverment, Tanah Datar Gelar Bimtek Serifikat Elektornik Dan Tanda Tangan Digital

Rabu, 02 Oktober 2019
Sekdakab Tanah Datar  Irwandi 

Tanah Datar,fajarsumbar.com - Untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya, pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) pada instansi pemerintah sudah menjadi suatu keharusan. Hal ini disampaikan langsung oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekda Irwandi saat membuka secara langsung bimbingan teknis sertifikat elektronik dan tandatangan digitaldan, Rabu (2/10) di aula kantor bupati.
Lebih lanjut Sekda Irwandi menjelaskan bahwa aturan yang mengatur tentang pemanfaatan teknologi informasi ini adalah Perpres 95 tahun 2018 tentang sistem pemerintahan berbasis elektronik ini, UU No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Tranksaksi Elektronik (ITE), aturan yang mengatur tentang Sertifikat Elektronik sesuai dengan PP No.82 tahun 2012 tentang Penyelenggaraan Sistem dan Transaksi Elektronik (PSTE).
Kabupaten Tanah Datar melalui Dinas Kominfo telah membuat aplikasi yang mendukung untuk tercapainya e-Government melalui apilikasi Sistem Adminitasi Perkantoran Elektronik (SIAPE) dan telah membuat perjanjian kerjasama (PKS) antara pemerintah daerah dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
“Sertifikat elektronik memiliki kekuatan hukum yang sama dengan tanda tangan digital, mempunyai jaminan keamanan transaksi elektronik sehingga informasi tersebut tidak mudah dimanipulasi, dirusak, atau disalahgunakan. Disamping sangat praktis, karena kita tidak perlu membawa cukup banyak materil untuk melakukan tanda tangan digital ataupun menambahkan sertifikat digital pada suatu dokumen, namun cukup membawa sebuah token ataupun dongle, ujarnya lagi.
Tidak itu saja, sertifikat elektronik memberikan jaminan Otentifikasi Data karena dapat menunjukkan langsung pemilik dari sertifikat di dalam suatu dokumen, kemudian integritas karena pada sertifikat elektronik menjamin keutuhan data dengan melihat apakah ada suatu perubahan di dalam dokumen yang telah ditandatangani, dan anti penyangkalan karena dapat langsung dibuktikan waktu penandatangan serta dapat menyangkal pemalsuan dari suatu keutuhan data. “Jadi manfaat tanda tangan elektronik adalah efektif karena sangat menghemat waktu, efisiensi, paperless dan kepastian hukum,” imbuhnya.
“Untuk itu, atas nama pemerintah daerah saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dalam penerapan dan penerbitan sertifikat elektronik pada sistem elektronik SIAPE Pemerintah Kabupaten Tanah Datar , termasuk hari ini untuk memberikan pelatihan bagi pengguna sertifikat elektronik.
Terkait dengan bimtek, sekda Irwandi mengatakan bahwa ini merupakan tindak lanjut dari penerapan SIAPE di Kabupaten Tanah Datar, dengan harapan peserta dapat diberikan sertifikat elektronik dan pemanfaatan tanda tangan elektronik untuk layanan adminsitrasi berupa tanda tangan persuratan dan dokumen layanan perkantoran lainnya.
Sementara Sekretaris Dinas Kominfo Mustika Suarman sebelumnya menyampaikan bahwa bimtek sertifikat elektronik dan tanda tangan digital ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada seluruh perangkat daerah di kabupaten Tanah Datar dalam pemanfaatan sertifikat elektronik dan tanda tangan digital pada aplikasi tata naskah dinas elektronik. Dia juga menyebutkan dalam pelaksanaannya bimtek ini diikuti oleh asisten, staf ahli bupati, kepala OPD, para Kabag dan camat se-kabupaten Tanah Datar dan sebagai narasumber kasi Pelayanan Sertifikasi Elektronik Balai Sertifikasi Elektronik Sandhi Prasetiawan. (*/adek)