Etape 1 TdS 2019, Finish di Istano Pagaruyung

iklan halaman depan

Etape 1 TdS 2019, Finish di Istano Pagaruyung

Jumat, 18 Oktober 2019

Tanah Datar,fajarsumbar.com-Kementerian Pariwisata Republik Indonesia menetapkan ada 3 iven di Sumatra Barat yang masuk 100 Wonderful Event 2019, yakni Tour de Singkarak, Festival Minangkabau dan Festival Pasa Harau.
Menyambut dua event yang langsung melibatkan Tanah Datar, Wakil Bupati Zuldafri Darma didampingi Kadis Parpora Abdul Hakim, Kabag Humas Yusrizal dan Kabid Pariwisata Efrison Kamis (17/10/2019) di Aula Eksekutif menggelar jumpa pers tentang rencana menyambut iven pariwisata itu.
Dalam keterangannya Kadis Abdul Hakim menyampaikan, iven pariwisata yang bakal digelar bisa menjadikan Tanah Datar sebagai destinasi utama pariwisata Sumbar dan Nasional. “Dengan iven pariwisata yang dirancang dan dilaksanakan di Tanah Datar diharapkan semakin meningkat jumlah kunjungan wisatawan sehingga berdampak meningkatnya PAD serta berharap juga peran serta langsung masyarakat terhadap pengembangan wisata sehingga bisa meningkatkan perekonomiannya secara langsung,” ungkapnya.
Sementara itu, tambah Abdul Hakim, target 1.075.000 kunjungan ke Tanah Datar, saat kondisi 31 Agustus baru mencapai 794.000 kunjungan. “TdS dan Festival Pesona Minangkabau diharapkan mampu mendongkrak angka kunjungan ke daerah kita, terutama TdS tahun ini Tanah Datar yang terletak di tengah-tengah mendapat 4 kali sebagai lokasi penginapan para pembalap dan ofisialnya,” katanya.
Selepas itu Wabup Zuldafri Darma menyampaikan, iven TdS tahun 2019 yang sudah masuk pelaksanaan ke 11 kalinya dan akan libatkan 15 kabupaten/kota di Sumbar serta 2 kabupaten dari Provinsi Jambi diikuti 20 tim dari 25 negara tentu diharapkan memberikan kontribusi bagi Tanah Datar.
“TdS 2019 ini, pada etape 1 Istano Basa Pagaruyung menjadi lokasi finish, kemudian etape 3, 4 dan 6 akan melewati beberapa kecamatan kita. Dan 4 kali juga Batusangkar menjadi lokasi menginap bagi para pembalap, tentu ini akan memberikan dampak ekonomi yang bagus bagi daerah dan masyarakat kita,” ujar Wabup.
Untuk diketahui etape 1 pada hari Sabtu 2 November 2019, dan yang melewati Tanah Datar etape 3 Senin 4 November 50 Kota – Padang Panjang, Etape 4 Selasa 5 November Payakumbuh – Agam dan Etape 6 Kabupaten Solok – Kabupaten Solok Selatan.
Menjadi lokasi menginap, kata Wabup lagi, tentunya mereka juga butuh makanan atau kuliner. “Dari kuliner inilah tentunya akan memberikan dampak nyata bagi masyarakat, karenanya kita diharapkan tetap menjaga keamanan dan kenyamanan sehingga tamu merasa betah sehingga nama Tanah Datar semakin harum di tingkat internasional dan kunjungan semakin banyak juga. Serta hal yang sama juga kita lakukan pada Festival Minangkabau Desember nanti,” tukas Zuldafri.(*/adek)