Lagi, 70 Warga Sumbar Dipulangkan dari Wamena

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Lagi, 70 Warga Sumbar Dipulangkan dari Wamena

Senin, 07 Oktober 2019
Perantau Minang yang dipulangkan Pemprov Sumbar dari Wamena, Papua

Padang, fajarsumbar.com - Lagi, sebanyak 70 pengungsi Wamena asal Sumatera Barat (Sumbar) dipulangkan oleh Pemprov Sumbar, kemarin Minggu (6/10). Sebelumnya pengungsi itu berangkat dari Jayapura dengan Kapal Laut KM Ceremai.

Mereka diterbangkan dari Makassar menuju Padang, Ibu Kota Sumbar, dengan menggunakan pesawat dalam empat gelombang kedatangan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Gelombang pertama datang pada pukul 13.40 WIB dengan jumlah 21 orang. Gelombang kedua pukul 14.55 WIB dengan jumlah 10 orang. Gelombang ketiga pukul 17.10 WIB berjumlah 28 orang, dan gelombang terakhir berjumlah 11 orang pukul 19.45 WIB.

“Hari ini ada 70 orang pengungsi Wamena asal Sumbar yang diberangkatkan dari Makassar ke Padang. Mereka dibagi dalam empat gelombang kedatangan di BIM,” ujar Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Minggu (6/10).

Nasrul menjelaskan, sebanyak 70 pengungsi Wamena asal Sumbar itu semula diberangkatkan dari Jayapura, Papua, dengan Kapal Laut KM Ceremai pada 1 Oktober 2019. Karena ada pengungsi yang sakit, mereka diturunkan di Makassar, Sabtu kemarin. Mereka lalu dipulangkan dengan pesawat dari Makassar ke Padang pada kemarin.

“Totalnya mereka yang di Makassar ada 139 orang. Namun karena persoalan tiket, sementara baru bisa 70 orang dipulangkan hari ini. Sisanya segera menyusul,” kata Nasrul Abit. (*)