Membangun Jiwa Rohani Pada Anak Usia Dini Melalui Peragaan Manasik Haji

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Membangun Jiwa Rohani Pada Anak Usia Dini Melalui Peragaan Manasik Haji

Kamis, 03 Oktober 2019
Melontar jumrah (ist)
Padang Panjang, fajarsumbar.com- Prosesi manasik haji tidak hanya dilakukan umat Islam berusia dewasa, murid Taman Kanak - Kanak (TK) juga mulai menjalankan latihan (manasik) ibadah haji, seperti yang dilakukan murid TK se-Kota Padang Panjang di Lapangan Chatib Sulaiman Bancah Laweh, Kamis pagi (03/10).

Pelaksanaan manasik haji cilik ini diikuti sebanyak 980 peserta yang terbagi dalam 33 kloter berlangsung meriah, namun tetap mengikuti aturan dan rukun haji, tingkah pola anak-anak yang lucu membuat suasana manasik haji menjadi lebih semarak.

Walikota Padang Panjang yang diwakili oleh Staf Ahli bidang SDM dan Kemasyarakatan, Yas Edizarwin, S saat membuka acara tersebut mengatakan kegiatan manasik haji ini diadakan bertujuan untuk mengenalkan dan menanamkan keyakinan diri sekaligus mempraktekan rukun Islam yang ke 5.

"Acara ini merupakan ajang menanamkan rasa cinta anak kepada Allah SWT, Rasulullah beserta ajarannya kepada anak usia dini serta memberi pondasi iman dan taqwa kepada anak usia dini, "ucapnya.

Disisi lain penyelenggaran manasik haji ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pendidikan. "Sebab pendidikan tidak hanya dalam bentuk ajaran tapi juga harus di praktekan, "tambahnya.

Sebagaimana layaknya menjalankan ibadah haji, semua peserta mengenakan ihram serba putih seperti yang digunakan para jamaah calon haji, prosesi manasik haji diawali pelepasan jamaah, dilanjutkan prosesi wukuf di Padang Arafah. Setelah itu, melaksanakan tawaf atau keliling Kakbah sebanyak tujuh kali, dilanjutkan salat di Makam Nabi Ibrahim.

Kemudian sa’i atau berlari kecil antara Shofa dan Marwa, rangkaian haji selanjutnya melontar jumrah dimulai dari Ula, Wustho, dan Aqabah, prosesi manasik haji kecil diakhiri dengan tahalul (potong rambut), minum air Zamzam dan embarkasi penjemputan jamaah haji.(*/adek)