Mendekati Pilkada Serentak, Bawaslu Pasaman Berkoordinasi dengan Kajari dan Kapolres

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Mendekati Pilkada Serentak, Bawaslu Pasaman Berkoordinasi dengan Kajari dan Kapolres

Senin, 07 Oktober 2019
.

Pasaman, fajarsumbar.com - Jelang pilkada serentak 2020 Bawaslu Kabupaten Pasaman melakukan Rapat Koordinasi dengan Kajari dan Kapolres, Senin, (07/10/19)

Rapat yang berlangsung di kantor Kejari Pasaman dihadiri oleh Kapolres Pasaman Hendri Yahya, Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman  Adhryansah, dan Ketua Bawaslu Rini Juita.

Dalam koordinasi tersebut Ketua Bawaslu  Rini Juita menyampaikan beberapa hal terkait Pemilu 2019. Bahwa Pemilu 2019 berlalu dengan berbagai catatan, baik bersifat korektif maupun evaluatif terhadap penyelenggaraan pemilu mendatang, khususnya penyelenggaraan Pilkada serentak 2020.

“Pilkada serentak tahun depan adalah medium perbaikan tata kelola pilkada yang lebih baik, adalah solutif terhadap pemilu yang baru usai, sehingga dimungkinkan adanya formulasi sistemik maupun teknis dalam penyelenggaraannya. Mestinya pilkada nanti jauh lebih baik, karena dilaksanakan pasca Pemilu serentak yang diterjemahkan sesuai fakta dan kemampuan personil penyelenggara maupun ketentuan normatif sebagai pijakan pelaksanaanya," ujarnya.

Seiring dengan itu, Kepala Kejaksaan Negeri Pasaman Adhryansah mengatakan siap berkomitmen untuk menyukseskan pilkada serentak 2020 mendatang tercatat mulai sejak koordinasi ini berlangsung. Bahwa komitmennya ditunjukan dengan koordinasi Bawaslu dan Kapolres saat ini yang di fasilitasi di kantor Kejari Pasaman.

“Kita siap berkomitmen untuk menyukseskan Pilakda serentak 2020 yang tercatat sejak kita mulai koordinasi ini,” ungkapnya

Tidak hanya itu, Kapolres Pasaman Hendri Yahya mengatakan persiapan pilkada 2020 kita mesti petakan indeks kerawanan pemilihan mengacu kepada pemilu sebelumnya.

“Bagaimana meminimalisir semua pelanggaran-pelanggaran pemilihan agar pilkada 2020 menjadi pilkada yang damai, sukses, lancar sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada. Hal ini perlu dukungan dari semua pihak tanpa terkecuali demi memajukan Kabupaten Pasaman," ujarnya.

Koordinasi antar tiga lembaga ini, di samping membicarakan hal di atas. Juga berbicara pengalaman pemilu sebelumnya. Itu juga menjadi kajian dalam rangka preventif persiapan pilkada 2020 mendatang.

Rapat kordinasi ini juga dihadiri oleh Anggota Bawaslu Kabupaten Pasaman Ibu Mesrawati Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga dan Bapak Refki Mukhliza Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Pasaman. (naldi)