Nagari Pakan Rabaa Timur, Solsel Laksanakan Musrenbang, 2020 Pendapatan Ditargetkan Rp700 Juta

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Nagari Pakan Rabaa Timur, Solsel Laksanakan Musrenbang, 2020 Pendapatan Ditargetkan Rp700 Juta

Rabu, 09 Oktober 2019
Tanya jawab,saat Musrenbang di Nagari Pakan Rabaa Timur,tokoh Masyatakat Darlis mengajak elemen terkait agar selalu memperhatikan Nagari ini.

Solsel, fajarsumbar.com -  Musawarah Rencana Pembangunan Nagari (Musrenbang) Nagari Pakan Rabaa Timur tahun 2020 digelar di ruangan balai sidang ninik mamak, Rabu (9/10).

Musrenbang itu turut dihadiri anggota DPRD asal pemilihan dapil tiga Zulfikar Irwandi Putra, pimpinan Puskesmas Pakan Rabaa Dr. Yusran,Wali Nagari Nasril, Ketua Bamus Facri, Kapolsek KPGD, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Wali Nagari Pakan Rabaa Timur Nasril dalam sambutanya mengatakan, Musrenbang nagari ini sangat perlu dilaksanakan,karena dengan adanya Musrenbang ini masyarakat akan bisa lebih leluasa dalam menyampaikan apa yang seharusnya dibutuhkan oleh masyarakat itu sendiri,sehingga aspirasi masyarakat dengan mudah tersalurkan.

Untuk awal berjalannya pembangunan di Nagari  di tahun 2020 nanti sesuai aspirasi masyarakat dengan ketersediaan dana yang terbatas,Pemerintah Nagari Pakan Rabaa Timur segera menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Nagari. 

Musrenbang tersebut untuk menampung usulan-usulan pembangunan di Nagari yang nantinya akan di cover dari berbagai sumber dana baik itu dari APBD maupun dari APBN.

Untuk rencana pembangunan tahun 2020  pihak nagari mengusulkan sebanyak 16 item pembangunan, termasuk sarana prasarana dan sarana kesehatan. Selain itu masyarakat lebih membutuhkan sebuah jaringan telekomonikasi, yang saat ini direncanakan membangun jaringan internet desa satelit Nusantara, dan ini akan dikelola oleh BumNag,langkah awal ini baru bisa terealisasi untuk tiga jorong saja

BumNag Nagari Pakan Rabaa Timur akan diberi bantuan modal dari APB nagari sebesar Rp500 juta, tahun 2020 nanti BumNag harus mampu menjual 1.000 unit hand phone setiap tahunnya

Sementara sewa satelit itu hanya Rp60  juta pertahun, ini merupakan program dan langkah pemerintah nagari dalam rangka peningkatan pelayanan dan perekonomian, selain itu juga program pengembangan air bersih.

"Target pendapatan Nagari Pakan Rabaa Timur tahun 2020 bisa mencapai Rp700 juta," harapnya.

Salah seorang tokoh masyarakat Darlis saat musrenbang berlangsung langsung mengajukan sejumlah pertanyaan dan memberikan saran.Dirinya sudah lama berada di Nagari Pakan Rabaa Timur ini,namun selama ini banyak pembangunan pembangunan yang tidak sampai kedaerah ini.

Sementara setiap ada pertemuan dengan pejabat selalu dijanji janjikan,nyata sampai saat ini belum sekalipun daerah kami ini tersentuh oleh dana APBD,APBN,ini merupakan pekerjaan rumah bagi anggota DPRD asal KPGD, dan berharap kepemimpinan.anggota Dewan sebagai perpanjangan tangan warga jangan dipandang sebelah mata sebuah daerah, termasuk pembangunan jalan,tenaga kesehatan yang sangat kurang didaerah ini," harapnya. (Hendrivon)