Pacu Kuda Open Race dan Alek Anak Nagari Resmi Dibuka

iklan halaman depan

Pacu Kuda Open Race dan Alek Anak Nagari Resmi Dibuka

Minggu, 27 Oktober 2019

Padang Panjang, fajarsumbar.com- 
Pacu Kuda  Open Race dan Alek Anak Nagari Padang Panjang 2019 dibuka langsung Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit di Galanggang Banca Laweh, Minggu, (27/10).

"Perlombaan pacu kuda ini dapat dijadikan sebagai wadah menjalin silaturahmi serta mempertahankan nilai-nilai budaya yang tertanam di dalamnya, serta juga akan menambah nilai ekonomi masyarakat Padang Panjang sendiri," kata Nasrul.

Nasrul minta pacu kuda di Gelanggang Bancah Laweh ini agar dijadikan iven tahunan. Pacu kuda merupakan kebudayaan lokal, yang tidak semua daerah memilikinya.

" Maka dari itu, mari kita budayakan olah raga ini tanpa mengurangi nilai budaya yang ada didalamnya," sebut Wakil Gubernur yang terkenal ramah memasyarakat ini, "ujarnya.

Sementara itu,  Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano,  menyebutkan pacu kuda saat ini menjadi salah satu cara untuk memperjuangkan kembali sejarah alek nagari dan pacu kuda yang ada di Padang Panjang.

"Kami berharap ini menjadi pererat dan perekat tali persaudaraan di Padang Panjang, nilai-nilai adat yang tertanam di dalamnya dapat kita pertahankan," paparnya.

Selain  itu, walikota juga menekankan dan menghimbau untuk masyarakat supaya selalu menjaga keselamatan, karena ini iven yang cukup berbahaya, jangan sampai nanti ada kecelakaan dan insiden yang tidak diinginkan.

Irwan Marsal Dt. Mangkudun mewakili niniak mamak menyambut baik alek pacu kuda ini.  "Sudah 67 tahun umur saya. Setahu saya baru sekali ini diadakan alek pacu kuda di Bancah Laweh yang gratis, dihadiri pula Ninik Mamak Batipuah X Koto bersama walikota yang lengkap dengan Porkopimda," katanya.

Ketua Pelaksana Zulfikri menjelaskan, bahwa pacu kuda kali ini akan dilaksanakan selama dua hari. Beberapa daerah yang berpartisipasi dalam memeriahkan iven ini, diantaranya dari Provinsi Aceh, Sumut dan Jawa Timur.

"Pada hari pertama ini, kita akan ada 11 race yang akan berlaga dengam kategori Bugi, Sagalo Derby dan lain sebagainya," jelas Zulfikri yang juga anggota DPRD Padang Panjang ini.(adek)