Pada 2019, Pemkab Solsel Latih 352 Tenaga Terampil

iklan halaman depan



Pada 2019, Pemkab Solsel Latih 352 Tenaga Terampil

Rabu, 02 Oktober 2019
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan, Basrial

Solok Selatan, Fajar Sumbar.com Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, selama 2019 telah melatih 352 tenaga kerja terampil dan siap pakai membuka lapangan kerja baru guna mengangkat perekonomian masyarakat setempat.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan, Basrial di Padang Aro, Selasa (1/10/2019) mengatakan untuk 2019 pelatihan tenaga kerja terampil tersedia 30 paket, dan sudah terlaksana sebanyak 15 paket serta tujuh paket sedang dilaksanakan.

"Selain pelatihan di daerah, kami juga mengirim 12 orang ke Balai Besar Latihan Kerja (BLLK) Bekasi untuk perhotelan, dan 10 orang ke Bandung bidang teknik," ujarnya.

Menurut dia, pelatihan ini bisa mendukung usaha dalam upaya meningkatkan ekonomi keluarga peserta. Karena keterampilan yang dipelajari bisa langsung digunakan untuk membuka usaha.

Dengan membuka peluang usaha baru, maka para penganggur di sekitarnya juga bisa bekerja agar memiliki penghasilan tetap.

"Pelatihan ini untuk menciptakan calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI)," ujarnya.

Pelaksana tugas UPTD BLK Padang Aro, Seven Devitra mengatakan, khusus untuk pelatihan yang sedang dilaksanakan tujuh paket merupakan angkatan ketiga tahun ini yang terdiri dari keterampilan Tata Boga MTU (pembuatan roti dan kue) tiga paket, Menjahit In (operator costumed wanita) satu paket.

Selain itu juga Menjahit MTU (operator costumed wanita) dua paket, dan TIK IN (computer operator asistent) satu paket.

Setiap peserta pelatihan katanya, mendapat dukungan uang transpor dan peralatan pelatihan juga akan diberikan sertifikat keahlian.

Sedangkan instruktur yang memberikan materi pelatihan di antaranya dari, BLK Pariaman, BLK  Padang, BLK Padang Aro dan dari SMK 3 Bukittinggi, (Yuni Valora)