Padang Panjang Finalis Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Padang Panjang Finalis Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019

Sabtu, 26 Oktober 2019

Padang Panjang,fajarsumbar.com-- Kota Padang Panjang jadi Finalis Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019, IRSA merupakan penghargaan untuk kota dan kabupaten terbaik di Indonesia dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan. Kota Padang Panjang dipilih sebagai salah satu dari 23 Kabupaten Kota yang termasuk finalis penilaian IRSA 2019.

Wakil Walikota Asrul memaparkan presentasi dalam Penjurian Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019 yang dilaksanakan di Gedung Kementerian PPN/Bappenas, Jalan Taman Suropati, Jakarta Pusat, Kamis (24/10) kemarin

" Wakil Walikota menyampaikan 5 (lima) pilar yang menjadi fokus penilaian diantaranya Manajemen Keselamatan Jalan, Jalan Yang Berkeselamatan, Kendaraan yang Berkeselamatan, Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan, dan Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan,"ujar Kadis Perhubungan I Putu Venda kepada fajarsumbar.com, Sabtu (25/10)  .

Sebagai daerah yang terletak pada posisi strategis di Sumatera Barat, kita telah melakukan pemeliharaan terhadap jalan-jalan yang ada di Kota Padang Panjang, Hal ini dapat kita lihat dengan kondisi jalan yang ada di Kota Padang Panjang. 

"Secara umum kondisi jalan di Kota Padang Panjang sangat baik dan telah dilengkapi dengan berbagai kelengkapannya seperti marka jalan, rambu lalu lintas, guardrail, trotoar, speed bump, APILL dan sebagainya," jelas Wakil Walikota

Dilanjutkan Wakil Walikota bahwasanya untuk pengembangan smart city Dishub Padang Panjang juga telah menyiapkan aplikasi Smart Traffic yang dapat menyediakan layanan seperti E-Parkir, E-Derek, E- Traffic, E-Transport, E-Dishub dan E-Report.

Disamping itu untuk pengujian kelayakan kendaraan, Dishub Padang Panjang juga sudah memilki Unit Pengujian Kendaraan Bermotor yang pertama di Sumatera Barat dan memiliki sertifikasi B.

Selain itu Kota Padang Panjang juga memiliki berbagai inovasi seperti PSC 119, dokter warga, asuransi seluruh warga Padang Panjang melalui JKN-KIS, serta beberapa waktu yang lalu juga telah memberikan 1000 BPJS bagi tenaga kerja kurang mampu.

Penyelenggaraan Keselamatan Jalan di Kota Padang Panjang tidak terlepas dari sinergitas Pemerintah Kota Padang Panjang dengan instansi terkait khususnya Polres Padang Panjang.

Adapun lima orang dewan juri yang memberikan penilaian diantaranya Ir. Besty Ernani, MURP (GRSP Indonesia), AKBP Aldo Siahaan, SIK (Korlantas Polri), dr. Ira Cyndira Tresna, M.I.Kom (Kementerian Kesehatan), Budi Susandi (Senior Investigator KNKT)
Tory Damantoro, ST (MPPM, MSc) (Pakar Transportasi). 

Wawako Asrul didampingi Kepala Dinas Perhubungan I Putu Venda, , Kepala Dinas Kesehatan Nuryanuwar,Kabid Perencanaan Dinas Pekerjaan Umum Nurasrizal, dan Kabid Angkutan dan Perparkiran Dinas Perhubungan Harry Rizka Perdana.(adek)