Pantai Air Manis, Legenda Malin Kundang Berkumandang -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Pantai Air Manis, Legenda Malin Kundang Berkumandang

Sabtu, 26 Oktober 2019
Batu Malinkundang

Berada di Sumatera Barat, jangan lupa untuk berkunjung ke Pantai Air Manis yaa. Selain menyimpan legenda, pantai ini juga memiliki keindahan alam yang tak kalah menariknya loh. Penasaran? Simak saja informasinya di bawah ini!

Siapa yang tidak tahu mengenai legenda Malin Kundang? Yaap, cerita rakyat yang memang sangat terkenal ini menyimpan banyak misteri dan tanda tanya. Nah, buat lo yang ingin membuktikan secara langsung mengenai legenda ini, lo bisa datang ke Pantai Air Manis yang terletak di kawasan Sumatera Barat, karena di sana lo bisa melihat Batu Malin Kundang.

Batu yang memang menjadi simbol anak durhaka ini sudah banyak membuat orang terpukau, karena memang bentuknya pun menyerupai seorang laki-laki yang tengah bersujud atau terlungkup menghadap tanah. Tak jauh dari batu ini, juga terdapat bebatuan besar yang tersebar yang diperkirakan merupakan kapal besar miliki Malin Kundang yang berubah menjadi batu.

.

Namun apakah hanya mengenai cerita Malin Kundang saja yang bisa lo dapatkan ketika berkunjung ke Pantai Air Manis? Daripada lo semakin penasaran, langsung saja simak beberapa informasinya di bawah ini yaa. Sebab keindahan alam di sekitar kawasan pantai ini juga tidak kalah menariknya loh. Semoga bisa berguna dan bermanfaat yaa!

Pantai Air Manis atau biasa juga disebut Pantai Aia Manih dalam bahasa masyarakat setempat ini merupakan pantai yang terletak kurang lebih 10 km ke selatan dari Kota Padang. Lokasinya pun tepat terletak di belakang Gunung Padang atau di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Melalui legenda yang ada, tak heran apabila pantai ini pun sangat terkenal di berbagai kalangan dan merupakan salah satu tujuan wisata populer yang selalu ramai dikunjungi. Pantai ini juga dikenal dengan ombaknya yang kecil serta memiliki panorama alam yang indah di bagian utaranya.

Bahkan ketika lo berada di ujung utara dari pantai, pemandangan dari Gunung Padang pun terlihat dari kejauhan. Lo juga bisa berkunjung ke dua pulau kecil yang letaknya tidak begitu jauh dari pantai ini, yaitu Pulau Pisang Ketek dan Pulau Pisang Gadang.

Pasir yang berwarna kecoklatan menjadi daya tarik lainnya yang bisa lo dapatkan ketika bekunjung ke Pantai Air Manis. Uniknya lagi ketika air lautnya pasang naik, maka ombaknya akan menhempas Batu Malin Kundang dan bahkan bisa menutupnya, maka batu-batu itu akan menyerupai dining kapal yang sudah pecah, tentunya ini menjadi sebuah momen yang sangat indah.

Pantai yang indah

Ketika air laut sedang surut lo bisa loh berjalan sejenak ke Pulau Pisang, di dalam kawasan pulau yang hanya memiliki luas sekitar 1 hektar lo bisa melihat beragam keindahan alam yang cukup menarik. Lo bisa kok menempuh perjalanan dengan berjalan kaki ke pulau tersebut.

Jangan berlama-lama yaa ketika berada di Pulau Pisang, karena hanya dengan hitungan jam saja air laut akan berangsur naik, sehingga lo tidak akan dapat kembali ke kawasan Pantai Air Manis. Selain dari keindahan alamnya berada di kawasan Pantai Air Manis terdapat pula aktibitas-aktivitas seru yang bisa lo lakukan.

Mulai dari berkemah, mencicipi kuliner khas daerah baik itu khas Padang ataupun jajanan yang ada di pinggir pantai, serta lo juga bisa bermain papan seluncur di pantai ini loh. Walaupun ombaknya tidak terlalu besar, namun cukup stabil.

Kurang rasanya apabila membahas mengenai Pantai Air Manis sendiri tanpa mengulik legenda satu ini, tak perlu dipungkiri kalau memang Batu Malin Kundang sendiri merupakan daya tarik utama bagi para wisatawan mengenai pantai ini.

Terbentuknya Batu Malin Kundang itu bukanlah suatu kesengajaan atau karya dari seorang pemahat, namun memang batu tersebut pun terbentuk karena terdapat cerita dibaliknya. Singkat cerita, ketika Malin Kundang sudah merantau, ia tidak pernah kembali pulang untuk menemui ibunya.

Bertahun-tahun lamanya sang ibu menanti kepulangannya, sampai saatnya Malin Kundang sudah menikah dengan seorang putri juragan kaya, dan istrinya pun ingin bertemu dengan mertuanya. Permintaan itu pun dikabulkan, namun karena Malin Kundang memiliki rasa berat hari untuk mempertemukan sang ibu dengan istrinya, maka ketika sang ibu menghampirinya ia pun menyangkal.

Sang ibu pun sedih dan marah, langsunglah memanjatkan doa ke Tuhan untuk menghukum dan mengutuk anaknya menjadi batu. Tak lama datanglah petir dan badai besar. Malin Kundang pun berusaha memohon maaf dengan posisi bersujud ke tanah kepada ibunya ketika tahu kalau doa sang ibu didengar.

.

Namun semuanya itu sudah terlambat, karena kutukan tersebut pun terlanjur terjadi pada dirinya hingga ia menjadi batu, begitu juga dengan kapal dan seluruh awaknya. Melihat sepenggal cerita di atas beserta lo mendapatkan kesempatan untuk melihat kondisi di Pantai Air Manis, ternyata memang terdapat benang merahnya yang memang terkadang membuat akal sehat siapapun akan terus bertanya-tanya.

Setelah sudah mengetahui daya tarik serta legenda yang ada di kawasan pantai ini, tentunya lo juga patut tahu bagaimana cara agar bisa menginjakkan kaki di pantai nan indah ini. Lo bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua.

Namun hal yang terpenting untuk selalu lo perhatikan ialah untuk berhati-hati yaa, karena medan yang akan lo lalui ridak semulus itu, belum lagi dengan kondisi jalannya yang sempit. Lo hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 20 hingga 30 menit perjalanan dari Kota Padang.(https://www.superadventure.co.id)

**
Jadi bagaimana dengan informasi seputar Pantai Air Manis di atas? Semoga bisa menjadi salah satu panduan lo yaa. Oo iyaa, lo enggak perlu kebingungan kok untuk mencari tempat penginapan yang dekat dengan pantai ini, harganya juga cukup terjangkau kok. Teruslah bersemangat dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan-keindahan alam lainnya yang ada di Indonesia!