Pasaman Barat Dapat Kube Rp1 Miliar

iklan halaman depan



Pasaman Barat Dapat Kube Rp1 Miliar

Kamis, 03 Oktober 2019
.

Pasbar, fajarsumbar.comKabupaten Pasaman Barat mendapatkan Bantuan Kelompok Usaha Bersama (Kube) sebesar Rp1 miliar untuk masyarakat Pesisir. Sebanyak 50 kelompok masyarakat Kecamatan Sasak Ranah Pesisir dan Kecamatan Lembah Melintang. 

Menurut Bupati Pasbar Yulianto Kube ini diberikan sesuai dengan UU tentang fakir miskin dan anak terlantar dipelihara oleh negara. Dengan dasar itu, negara wajib hadir di setiap kehidupan masyarakat. 

"KUBE kali ini diterima oleh masyarakat pesisir. Kita berharap kepada pemerintah provinsi dan pusat agar memberikan Kube untuk masyarakat perkotaan juga, tidak hanya masyarakat pesisir saja," tandas Yulianto.

Selain itu, kata Yulianto Kube harus digunakan untuk meningkatkan perekonomian dan taraf hidup. Jika itu sudah terpenuhi akan terpengaruh kepada kesehatan juga.

"Saya percaya emak-emak ini akan menggunakan bantuan Kube dengan baik. Karena saya percaya emak-emak, seperti saya percaya kepada Mak saya sendiri," papar Yulianto.

Sementara itu, Kabid Pakir Miskin Dinas Sosial Provinsi Sumbar Suyanto mengatakan di Sumbar hanya tiga kabupaten yang mendapat Kube ini. Pertama Kabupaten Pasaman Barat mencapai Rp1 miliar, Kabupaten Agam dengan jumlah yang sama dan Sawahlunto.

"Emak-emak ini kita berikan dukungan untuk meningkatkan ekonominya. Emak -emak ini bisa menghasilkan uang,"papar Suyanto. 

Selain itu, yang menerima dana Kube tersebut namanya ada di dalam basis data terpadu. Sebanyak 50 kelompok ini terdiri dari 30 kelompok dari Kecamatan Lembah Melintang, dan 20 kelompok dari Kecamatan Sasak Ranah Pesisir. (wati)