Pemkab Sijunjung Siapkan 4,8 Ha Lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir Sampah

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Pemkab Sijunjung Siapkan 4,8 Ha Lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir Sampah

Kamis, 17 Oktober 2019
Saat melakukan ekspose di Kementerian PU PR di Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).(def/fajarsumbar)

Jakarta fajarsumbar.com Pemerintah Kabupaten Sijunjung pada 2020 sudah mempunyai tempat pembuangan sampah, atau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Muaro Batuak, Jorong Sibisir, Nagari Timbulun, Kecamatan Sijunjung.

Pemkab sudah menyiapkan 4,8 hektare lahan di Muaro Batuak tersebut. "Sesuai persyaratannya sudah oke," kata Kepala Dinas Perkim dan LH Riky Mainaldi.M.Si kepada fajarsumbar.com seusai melakukan ekspos di Kementerian PU PR jalan Pati Mura Jakarta Selatan, Kamis (17/10/2019).

Tujuan ekspos ini untuk meminta masukan sejauh mana kesiapan pemerintah setempat dalam perencanaan terhadap TPA dimaksud  seperti kesiapan Detail Engineering Design (DED)-nya.

Sementara lahan yang di Muaro Batuak  boleh dikatakan sudah  memenuhi persyaratan teknis untuk dijadikan tempat pemprosessan akhir sampah  untuk itu persoalan TPA ini harus diselesaikan. Sebab selama ini terus terjadi tolak undur, sementara persoalan persampahan sudah menjadi persoalan serius, karena akan berdampak pada masyarakat.

Sementara seperti diketahui  pengelolaan sampah di  Kabupaten Sijunjung masih belum memadai.  Kondisi itu antara lain tercermin dari masih adanya tempat-tempat pembuangan sampah illegal. 


Saat rapat koordinasi dengan kementerian PU PR di Jakarta, Kamis (17/10/2019). (def/fajarsumbar.com)

Permasalahan lain, armada pengangkut sampah yang masih minim belum mampu menjangkau seluruh wilayah yang ada. Sementara TPA  belum ada,  untuk itu dengan agenda ini, TPA terwujut di Kabupaten Sijunjung di tahun 2020.

Sementara itu Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapppeda) Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, mendorong percepatan pembangunan TPA ini, karena Kabupaten Sijunjung belum ada tempat pembuangan sampah yang memadai.

Dari hasil pertemuan tersebut Pemerintah Kabupaten Sijunjung mendapatkan angin segar dan dapat di pastikan TPA akan dibangun. 

Hadir dalam acara ekspos tersebut Kepala Dinas Perkim dan LH Riky Mainaldi.M. Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pembangunan Daerah (Bapppeda), Benny Dwifa Yuswir, Kabid PAM dan PLP Oriza Latifa Zainaldi. Syahrul Fahrozi PPK pelaksana dari Bali PPW Sumbar, Ahdiyat kasi PLP. Retno Yohanes staf Bidang PAM dan PLP, Slamat Subono dan Zulfikri Kammar dari konsultan perencanaan.

Rombongan dari Sijunjung itu diterima Kasubdit Pengelolaan Persampahan dan Drainase Lingkungan Direktorat Repgembangan PLP, R. Nuzulina Ilmiaty.ST.MT dan didampingi Kasi Wilayah Barat Tera Primasari.ST. MT bersama anggota Kementerian PU PR,  RI. (def)