Pemkab Tanah Datar Siapkan SDM Hingga Ke Nagari

Iklan Semua Halaman


iklan halaman depan

Pemkab Tanah Datar Siapkan SDM Hingga Ke Nagari

Jumat, 04 Oktober 2019
.

Tanah Datar, fajarsumbar.com-Merealisasikan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sudah menjadi keharusan bagi setiap instansi pemerintah berdasarkan Perpres nomor 95 tahun 2018. Sebagai langkah penerapannya, Pemerintah KabupatenTanah Datar melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Rapat Koordinasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), di Aula Kantor Bupati, Batusangkar, Kamis (3/10/2019).
Wakil Bupati Zuldafri Darma menyebutkan E-Goverment sudah menjadi kebutuhan yang mendasar dan esensial bagi pemerintahan saat ini.  "Dengan dilaksanakannya E-Goverment, tentu akan terwujud pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel, mengacu pada sistem kerja yang telah dicanangkan, yaitu 321CDI, Cerdas, Cermat, Cepat, Disiplin, Dedikasi dan Inovatif," ujar Wabup Zuldafri.
Wabup Zuldafri menambahkan, ke depannya instansi pemerintahan akan berorientasi pada penggunaan teknologi, maka diperlukan membangun Sumber Daya Manusia dari tingkat kabupaten hingga ke nagari yang punya kapasitas untuk pemanfaatan teknologi ini.
“Semakin pesatnya perkembangan teknologi saat ini, menuntut adanya peningkatankualitas SDM, infrastruktur dan telekomunikasi, sebagai penunjang admnistrasi pemerintahan, melalui SPBE mampu mewujudkan tata pemerintahan yang baik, bersih dan profesional,” ujar Wabup Zuldafri Darma.
Kadis Kominfo Abrar mengatakan guna mendukung penerapan SPBE, pemerintah daerah telah melakukan beberapa upaya dalam pelaksanaannya, di antaranya, membentuk Dinas Kominfo sebagai perangkat yang melaksanakan urusan bidang komunikasi dan informatika, menyiapkan payung hukum penyelenggaraan, membangun infrastruktur jaringan yang menghubungkan 39 perangkat daerah, menerapkan aplikasi layanan administrasi pemerintahan, rekrutmen tenaga pendukung E-Goverment yang terdiri dari 3 orang tenaga programer 1 orang tenaga jaringan, serta telah melakukan kerjasama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait pemanfaatan sertifikat elektronik dan tanda tangan digital.
“Masih adanya nagari yang masih belum terkoneksi internet, belum tersedianya ruang server yang memenuhi standar dalam penerapan SPBE dan sebagainya, akan ditindaklanjuti sehingga penyelenggaraan E- Goverment berjalan dengan baik,” ujar Kadis Abrar.
Menambah pemahaman terkait penyelengaraan SPBE, didatangkan narasumber dari BSSN Sandi Prasetiawan, Kemenpan RB Hamzah Fansuri dan Telkom Wilayah Sumbar Suwito. Hadir pada saat itu Sekretaris Daerah Irwandi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Mukhlis, Kepala OPD, Camat dan Wali Nagari se-Kabupaten Tanah Datar. (adek)