Pemuda Harus Miliki Pribadi Tangguh

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Pemuda Harus Miliki Pribadi Tangguh

Selasa, 29 Oktober 2019
.

Solok Selatan, fajarsumbar.com Sekretaris Daerah Solok Selatan, Yulian Efi, menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Sumpah Pemuda Tingkat Kab. Solok Selatan di Halaman Kantor Bupati, Senin 28/10

Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun ini mengusung tema “Bersatu Kita Maju”. Tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda dan hanya dengan persatuanlah rakyat bisa mewujudkan cita-cita bangsa.

Dalam pidato Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang dibacakan Irup, terdapat pesan bahwa pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau.

Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. 

Namun, di sisi lain perkembangan ini juga memiliki dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat desruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” kata Sekda.

Menpora juga megaskan bahwa pemuda Indonesia harus memiliki karakter tangguh yakni pemuda dengan karakter moral, kinerja, beriman, bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja tegas, kerja ikhlas, dan tuntas.

Dalam upacara tersebut, komandan dan pelaksana upacara lainnya berasal dari unsur KNPI Kab. Solok Selatan.(Yuni Valora)