Pola Hidup Bersih dan Sehat Ditanamkan pada Warga Padang Pariaman -->

iklan halaman depan

Pola Hidup Bersih dan Sehat Ditanamkan pada Warga Padang Pariaman

Kamis, 03 Oktober 2019
Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman, Yutiardy saat menyampaikan arahan di Kecamatan Patamuan.

Padang Pariaman, fajarsumbar - Pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) mesti menjadi kebiasaan bagi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Dengan perilaku hidup seperti itu, bisa melahirkan generasi bangsa Indonesia yang cerdas, berkualitas serta mampu menghadapi tantangan eraglobalisasi.  

Mindset seperti ini yang ditanamkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman, Yutiardy terhadap masyarakat Padang Pariaman yang hadir di Pukesmas Patamuan dalam program Implementasi Gerakan Masyarakat (Germas) kemarin,  Rabu (2/19). 

Kepala Dinas Kesehatan Padang Pariaman ini kembali menuturkan, tahun 2016 Kementrian Kesehatan membuat terobosan baru dalam bentuk akselarasi program yang sangat mutlak dibutuhkan. Salah satunya adalah gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat.

“Germas merupakan salah satu kebijakan program prioritas pemerintah di bidang kesehatan. Perilaku sehat meliputi pengetahuan, sikap,  tindakan pro aktif masyarakat untuk memelihara dan mencegah resiko terjadinya penyakit. Melindungi diri dari ancaman penyakit, serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan masyarakat. Tujuannya adalah meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat di tatanan rumah tangga,  institusi pendidikan, tempat kerja,  tempat umum dan tatanan fasilitas kesehatan masyarakat,” ujar eks Kadis Pengendalian Penduduk dan keluarga berencana ini. 

Sementara itu,  untuk Impelementasi Germas yang dilakukan di Kecamatan Patamuan dengan mengadakan rangkaian acara seperti senam bersama, bazar buah, pemeriksaan kesehatan, pelayanan BPJS  dan penandatanganan Komitmen Implementasi Germas. Terangnya mengakhiri. 

Sementara itu, Imran Camat Patamuan menyebutkan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat bidang kesehatan.  Alhamdulillah kegiatan ini sudah dijalankan sebelumnya itu terlihat dari antusias masyarakat yang hadir pada hari. 

Ia menerangkan, program Germas di kecamatan Patamuan setiap tahun memang terus dilakukan, hari ini merupakan pelaksanaan kedua.

“ Kita sangat apreasiasi terhadap kegigihan Kepala Puskesmas Ilyas bersama jajaranya  yang selalu pro aktif dalam menggerakkan kegiatan ini,” tutur Imran.

Terlihat acara dihadiri Kabid Kesmas Dinkes Padang Pariaman Nurhayati, Kabid P2P Dr. Jasneli MARS, Kepala KUA, Wali nagari dan Tokoh masyarakat. (Heri)