Rp2 Miliar Anggaran Dikucurkan untuk Destinasi Wisata Alam Goa Batu Kapa, Solsel

iklan halaman depan



Rp2 Miliar Anggaran Dikucurkan untuk Destinasi Wisata Alam Goa Batu Kapa, Solsel

Kamis, 03 Oktober 2019
.

Solok Selatan, Fajar Sumbar.com Sebesar Rp2 miliar Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menyediakan anggaran pada dana alokasi khusus (DAK) untuk pembangunan fasilitas pendukung di lokasi destinasi wisata alam Goa Batu Kapal (GBK), Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Sarana pendukung itu seperti panggung kesenian, areal parkir, jembatan bridge work, mushala, toilet, kios oleh-oleh dan shelter atau lapak-lapak modern untuk puluhan pedagang kaki lima (PKL). 

“Apa yang kami harapkan selama ini sudah terwujud. Semua ini dibangun Pemkab Solsel untuk kebutuhan pengunjung,” kata Camat Sangir Balai Janggo, Muslim, Senin (30/9).

Dengan telah dimulainya pembangunan fasilitas pelengkap wisata alam gua ini diharapkan GBK menjadi destinasi wisata pilihan wisatawan. Pada 2017 dan 2018 jumlah kunjungan wisatawan di objek wisata tersebut mencapai 28 ribu jiwa dan meningkat di tahun 2019 hingga 35 ribu jiwa.
 “Nah, dengan dibangunnya fasilitas pelengkap. Mudahan peminat wisata ini terus bertambah setiap tahunnya,” harapnya. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan, Hari Trisna membenarkan kucuran anggaran DAK untuk pengembangan destinasi wisata Goa Batu Kapal sebesar Rp 1,5 miliar pada tahun ini. 

”Kegiatan paket penunjang wisata alam itu sedang dalam pengerjaan, seperti pembangunan panggung kesenian. Sehingga kesenian daerah dapat ditampilkan di setiap momen liburan sekolah dan Lebaran,” ungkapnya.

Kemudian pembangunan mushala dianggap penting. Ketika masuk waktu shalat, maka pengunjung bisa memanfaatkan sarana tersebut. 

“Di samping itu, kita juga sedang membangun lokasi parkir, toilet dan jembatan bridge work penghubung gua satu dengan yang lainnya,” tandasnya.(Yuni Valora)