Semen Padang Kirim Empat Tim Inovasi ke Ajang APQO

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Semen Padang Kirim Empat Tim Inovasi ke Ajang APQO

Rabu, 09 Oktober 2019
.

Padang, fajarsumbar.com - PT Semen Padang kembali mengirim tim inovasi untuk berlaga di ajang internasional. Setelah September 2019 lalu mengirim tim yang berhasil meraih predikat "Gold" pada  International Convention On Quality Control Circle (ICQCC) di Tokyo. Kali ini Semen Padang melepas empat tim ke ajang Asia Pacific Quality Organization (APQO) International Conference di Bali 13 - 16 Oktober 2019.

Senior Total Productive Maintenance (TPM) Officer PT Semen Padang Fery Sarvino pada acara pelepasan tim oleh manajemen di Padang, Rabu (9/10/2019), mengatakan, empat tim yang diberangkatkan kali ini adalah, SS TAGEH 23, QCP BRIDGE, QCP MOBILE, BRIDGE, dan QCC THE ROLLER.
  
Tim yang dikirim ini merupakan merupakan para peraih Gold pada ajang Temu Karya Mutu dan Produktifitas Nasional (TKMPN) ke-22 di Batam pada 2018 lalu.

"Ini merupakan kegiatan lanjutan sekaligus penghargaan bagi tim inovasi yang sukses menjadi champion-champion pada ajang sebelumnya, dan  telah berkotribusi pada perusahaan. Melalui ajang inovasi yang digelar perusahaan tahun lalu tercatat telah memberikan potensial  benefit sekitar Rp200 miliar. Tentunya kita berterimakasih sekali kepada para inovator, dan ini sekaligus penghargaan dari manajemen," tambahnya.

Pada ajang APQO IC di Bali ini, kata Fery Sarvino, Semen Padang menargetkan bisa meraih 3 Star atau sama dengan torehan pada ajang yang sama tahun lalu di Dubai. "Mudah-mudahan kita berhasil meraih target ini," katanya.

Tim telah melakukan berbagai persiapan untuk mengikuti ajang ini, seperti   perbaikan presentasi, perbaikan dokumen menyesuaikan dengan kebutuhan APQO IC, dan pelatihan bahasa Inggris  karena pada ajang internasional ini presentasi menggunakan bahasa Inggris. 

Dilepas Manajemen
Keberangkatan tim inovasi Semen Padang mengikuti ajang APQO IC di Bali, dilepas  manajemen PT Semen Padang, Rabu (9/10/2012). Tampak hadir dari manajemen, Direktur Operasi, Firdaus, dan Direktur Keuangan Tubagus Muhammad Dharury. Juga hadir Kepala Departemen Pemeliharaan, Muhammad Syafitri.

Direktur Operasi PT Semen Padang  Firdaus  mengatakan, manajemen sangat mendukung  kegiatan ini karena sebagai wadah inovasi  bagi karyawan. "Melalui wadah ini kawan-kawan bisa melakukan evaluasi performance dari masing-masing peralatan. Dari sana muncul ide inovasi bagaimana meningkatkan kinerja peralatan. Tentu dengan semakin kurangnya gangguan,   jam jalan peralatan semakin tinggi. Otomatis ini dapat meningkatkan profit bagi perusahaan karena harga pokok turun," katanya.

Firdaus berharap tim yang dikirim ini berusaha sebaik mungkin membawa hasil terbaik. "Jadikan ajang ini untuk menambah pengalaman,  dengan memperhatikan  tim tim lain sehingga diadopsi di perusahaan," tambahnya.

Direktur Keuangan, Tubagus Muhammad Dharury mengatakan, inovasi merupakan salah satu advantages, dan poin bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan. Karena itu manajemen sangat mendukung kegiatan inovasi di perusahaan.

"Melalui  iven internasional ini, kita dapat menimba ilmu dari tempat lain. Bisa sebagai 'sharing knowledge', tapi timba juga  ilmu dari tim lain," tambahnya seraya mengharapkan kepada tim yang dikirim  memberikan hasil yang terbaik.  

Semangat melakukan improvement dan inovasi di PT Semen Padang tidak pernah surut. Guna mewadahi hal itu, PT Semen Padang dan PT Semen Indonesia (Persero), Tbk, mewadahi hal tersebut. 

Di Semen Padang setiap tahun digelar Semen Padang Improvement Event (SPIE). Bagi yang meraih prestasi diikutkan pada ajang kompetisi inovasi di group Semen Indonesia, yakni Semen Indonesia Award On Innovation (SMI-AI). Tak hanya itu, para inovator PT Semen Padang yang berprestasi selain diikutkan pada ajang-ajang nasional, juga dikirim berkompetisi di tingkat internasional.(rel)