Terima Surat dari Presiden, DPR Bacakan Supres Pengangkatan Kapolri Baru

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Terima Surat dari Presiden, DPR Bacakan Supres Pengangkatan Kapolri Baru

Rabu, 30 Oktober 2019
.

Jakarta, fajarsumbar.com - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) membacakan dua surat presiden (surpres) dari Joko Widodo dalam sidang paripurna, Selasa (29/10).

Dua surat tersebut diantaranya rencana pengesahan perjanjian dan kerja sama ekonomi antar negara kawasan Asia Tenggara (ASEAN) dan Jepang nomor R50/Pres/10/2019 tanggal 22 Oktober 2019 serta surat nomor R/54/Pres/10/2019 tanggal 17 Oktober 2019 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam hal jabatan Kapolri.

"DPR juga menerima surat dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) berkaitan dengan pemberitahuan hasil pemilihan Ketua dan Wakil Ketua BPK serta surat dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) tentang pelaksanaan pemilu," kata Wakil Ketua DPR, Aziz Syamsuddin.

Terkait uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) untuk calon tunggal Kapolri Komjen Idham Aziz, Aziz Syamsuddin sebelumnya mengatakan akan menyerahkan mekanismenya kepada Komisi III DPR. Pelantikan pimpinan dan anggota Komisi III akan dilakukan setelah paripurna hari ini selesai.

"Fit and proper itu diserahkan ke pimpinan Komisi III nanti, setelah dilantik silakan meramu dan membuat mekanisme sistem dan jadwal. Iya (tugas pertama Komisi III)," tutur Aziz saat diwawancarai sebelum rapat paripurna. (*)