Tim Penilai Perempuan Inspiratif Provinsi Sumbar Verifikasi Lapangan -->

IKLAN-TANAH

iklan halaman depan

Tim Penilai Perempuan Inspiratif Provinsi Sumbar Verifikasi Lapangan

Sabtu, 26 Oktober 2019

Padang Panjang, fajarsumbar.com- Yuliza Zen pelopor Desa Wisata Kubu Gadang berkesempatan mengikuti perlombaan perempuan inspiratif tingkat Provinsi Sumatera Barat pada beberapa waktu lalu.

Tim Penilai Perempuan Inspiratif Provinsi Sumbar melakukan Verifikasi Lapangan ke Desa Wisata Kubu Gadang mendengarkan paparan dari Yuliza Zen, Jum'at (25/10).

Tim penilai yang diketuai oleh Dosen FIS UNP Kota Padang Dr.Fatmariza, M.Hum bersama rombongan dari Dinas Sosial Provinsi Sumbar langsung melihat dan meninjau satu persatu hal menarik serta dampak yang diberikan dengan kehadiran Desa wisata tersebut.

Ketua Tim Penilai Perempuan Inspiratif takjub dengan apa yang dirintis oleh Yuliza, selain tujuan untuk mendatangkan wisata, dia juga mengangkat perekonomian masyarakat disekitar Kelurahan Ekor Lubuk itu sendiri.

Dalam tinjauan lapangan tersebut, Yuliza menjelaskan perjalanan dia dalam menata agar Desa wisata Kubu Gadang menjadi desa yang memberikan dampak terhadap perekonomian masyarakat. Berbagai pelatihan diikutinya, agar mampu memperkenalkan desa wisata tersebut keseluruh lapisan masyarakat bahkan sampai ke mancanegara dan itu juga mendapat dorongan dan partisipasi dari Dinas Pariwisata, Pokdarwis serta dinas terkait lainnya.

Banyak hal menarik yang kami sembahkan di desa wisata kubu gadang ini, dari nilai budaya, pendidikan bahkan kuliner, diantaranya adanya penginaoan atau homestay, atraksi silek lanyah, makan bajamba, makan baradaik, nasi kabaka.

"Sedangkan untuk pendidikan, anak-anak bisa diperkenalkan dengan permainan tradisional, cara memanen, menanam padi hingga banyak lagi yang lainnya," ujar Yuliza menjelaskan.

Tim penilai memberikan masukan mengenai lokasi yang digunakan untuk atraksi silek layah, yaitu untuk bisa menetapkan satu bidang sawah yang diberikan hiasan agar terlihat lebih menarik lagi serta merapikan pinggiran sawah agar terlihat indah.

Sebelumnya, rombongan langsung disambut oleh Plt. Kepala Dinas Sosial PPKBP3A Arkes Refagus, Kabid P3A Hartati, Camat Padang Panjang Timur Doni Rahman, serta Pokdarwis Desa Kubu Gadang. (adek)