UMKM Nanggalo, Padang Optimis Berkembang, Ini Alasannya

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

UMKM Nanggalo, Padang Optimis Berkembang, Ini Alasannya

Selasa, 08 Oktober 2019
Camat Nanggalo Teddy Antonius bersama para UMKM di kecamatan tersebut.

Padang, fajarsumbar.com - Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kecamatan Nanggalo optimis terus berkembang, menyusul perhatian besar dari pihak kecamatan terhadap sektor tersebut. Pihak kecamatan mendorong UMKM terus tumbuh dengan memberikan pembinaan dan pelatihan terhadap SDM-nya.

“Dalam rangka meningkatkan kualitas produk UMKM di Kecamatan Nanggalo, kami melakukan pembinaan kepada pelaku usaha. Menghadirkan narasumber yang merupakan praktisi yang sukses di sektor UMKM,” kata Camat Nanggalo Teddy Antonius di sela pelatihan UMKM di aula kantor camat setempat, Selasa (8/10/2019).

Dijelaskan, sebanyak 50 pelaku usaha mengikuti pelatihan kali ini. Narasumber yang dihadirkan ialah Direktur PT. Retail Mandiri Minang Saiful Bakhri, SP,” ujar Teddy.

Pada kesempatan ini, masing-masing pelaku usaha membawa produk yang dihasilkannya. Hal itu sebagai pedoman narasumber untuk menilai dan memberikan masukan serta saran guna menjadikan produk yang bernilai dan memiki daya tarik.

“Sehingga nanti hasil produksinya bisa bersaing dengan produk-produk industri dan produk UMKM yang sudah besar selama ini,” ulas Teddy.

Camat Teddy menambahkan, persentase masyarakat yang memiliki UMKM cukup besar di Nanggalo. Lebih kurang 45 persen masyarakat Kecamatan Nanggalo menggeluti usaha UMKM.

“Jumlah ini merupakan potensi untuk menjadikan Kecamatan Nanggalo basis UMKM,” tegas Teddy optimis.

Ditambah lagi banyaknya kampus yang ada di Kecamatan Nanggalo, tentu menjadi pasar ketika masyarakat luar Kota Padang membawa produk UMKM Nanggalo ke kampung halamannya. Dengan sendirinya jadi salah satu promosi.

“Ketika produk UMKM sampai keluar Kota Padang, itu menjadi salah satu promosi. Dan ini juga salah satu dukungan kita mewujudkan Visi dan Misi Pemerintah Kota Padang,” kata Teddy.

Ada beberapa produk UMKM yang dibawa peserta. Kualitasnya tidak kalah bersaing. “Kualitasnya tidak kalah, namun perlu peningkatan terkait kemasan,” kata Teddy.

Peserta yang hadir menyambut baik adanya kegiatan ini. mereka merasa termotivasi untuk meningkatkan kualitas produk UMKMnya. (ab)