Warga Tanjung Sari Gelar Kompetisi Mural Se Sumbar, Riau Jambi

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Warga Tanjung Sari Gelar Kompetisi Mural Se Sumbar, Riau Jambi

Rabu, 09 Oktober 2019
.

Sawahlunto, Fajarsumbar. com Melalui tajuk “Menuangkan Imajinasi dalam Bentuk Mural”, masyarakat yang tergabung dalam Karang TarunaTanjung Aur Mulyo dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Aur Mulyo, Kec. Lembah Segar Kota Sawahlunto menggelar Lomba Mural. Seni lukis di dinding ini akan dilakukan  pada dinding / dam yang membentang di sepanjang jalan Tanjung Sari, Kelurahan Aur Mulyo. 

Sementara pelaksanaan kegiatannya akan dilangsung pada tanggal 23 - 24 November 2019 mendatang. " Untuk pendaftaran tidak ada pungutan alias gratis" kata Ketua LPM Aur Mulyo, Gusril.

Ditambahkannya, panitia membuka kesempatan seluas-luasnya kepada peserta dan pendaftaran sudah mulai sejak  tanggal 7 Oktober 2019 lalu. Kepada peserta sekaligus dapat mengirimkan disain awal skesta yang nantinya akan di seleksi oleh tim penilai untuk mendapatkan kesempatan yang selanjutnya melahirkan karya mural tersebut.

Kegiatan tersebut dilaksakan sebagai bentuk dukungan masyarakat terhadap Penetapan Sawahlunto Sebagai Kota Warisan Dunia oleh UNESCO, melalui pemanfaatan lingkungan agar lebih bernilai yang nantinya juga berdampak terhadap datangan kunjungan wisata dan akan  menggenjot ekonomi masyarakat sekitar. 

Sementara itu, ketua pelaksana Yogi Andika Hendraliza, S.Sn mengatakan warga Kelurahan Aur Mulyo sangat mendukung kegiatan tersebut. "Warga sudah melakukan gotong royong untuk pembersihan sekaligus plasteran dinding disepanjang jalan Tanjung Sari," kata Yogi. 

Ditambahkan Yogi seluruh persiapan awal mulai dari kebersihan, melakukan plester semen pada dam warga dilakukan secara goro dengan memberdayakan swadaya masyarakat. Langkah awal ini harapnya dapat memicu bergeraknya kelompok-kelompok masyarakat berkreativitas melahirkan ide-ide kedalam bentuk program. 

Tidak hanya pecinta seni mural dari Sumatera Barat yang akan berkompetisi, daerah tetangga pun diikutkan seperti Riau dan Jambi. Total hadiah yang akan diperebutkan sebesar Rp. 39 juta rupiah. (Adrial)