Angin Puting Beliung Kembali Mengamuk di Solsel

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Angin Puting Beliung Kembali Mengamuk di Solsel

Jumat, 08 November 2019
Rumah warga ditimpa.angin.kencang dan.hujan.badai di Nagari Lubuk Gadang Sangir, usai TdS digelar di wilayah tersebut. (Hendrivon)

Solsel, fajarsumbar.com - Usai perhelatan.TdS digelar,tak lama sebuah bencana angin kencang dan hujan lebat kembali terjadi setidaknya ada 14 unit rumah warga dihantam puting beliung di Nagari Lubuk Gadang Timur, Kecamatan Sangir, Solok Selatan. Peristiwa itu terjadi Kamis (7/11) sekitar pukul 16.30 WIB sore.

Hendrianto warga Taratak Tinggi menyebutkan, usai pelaksanaan Tds di RTH Padang Aro. Dia langsung pulang ke rumah, karena dapat kabar di perumnas tempat tinggalnya terjadi musibah angin puting beliung.

"Ketika saya sampai di rumah, ada sekitar empat unit rumah tetangganya mengalami kerusakan. Bahkan satu unit, seluruh atapnya diterbang angin puting beliung. Satu keluarga basah kuyup, saat hujan lebat," beber ayah dua anak itu.

Awalnya hujan lebat turun, kemudian angin kencang hingga datang angin puting beliung yang mengangkat dan menerbangkan atap rumah warga sepanjang 50 meter.

"Ketika sampai di rumah, saya terkejut. Atap rumah tetangga sampai ke sawah dan berantakan," terangnya.

Sementara, Sekretrais BPBD Solok Selatan, Diky Nanda Utama didampingin Kabid Kedaruratan dan Logistik Inroni menjelaskan, berdasarkan data yang dihimpun dilapangan, terdapat sekitar 14 unit rumah warga yang diterjang angin kencang di Nagari Lubuk Gadang Timur.

Data yang diterimanya, di jorong Malus  3 unit umah, Taratak Tinggi 4  rumah, Sei Aro 3 rumah, Sungai Landeh 4 rumah.

 "Kami masih mengumpulkan data kerusakan rumah, termasuk KK yang terdampak angin puting beliung ini," tuturnya. (Hendrivon)