Besok Sore Timnas U-23 vs Thailand Laga Perdana SEA Games 2019 di Manila

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Besok Sore Timnas U-23 vs Thailand Laga Perdana SEA Games 2019 di Manila

Senin, 25 November 2019
.

Jakarta, fajarsumbar.com - Timnas Indonesia U-23 bakal memulai perjuangan di SEA Games 2019 menghadapi Thailand U-23 pada laga perdana Grup B di Rizal Memoriam Stadium, Selasa (26/11/2019) sore. Duel tersebut akan disiarkan langsung RCTI mulai pukul 14.30 WIB.

Tim asuhan Indra Sjafri itu datang ke Filipina dengan mengusung misi merebut medali emas. Garuda Muda berharap bisa memutus puasa medali emas sejak terakhir meraihnya 28 tahun lalu usai mengandaskan Thailand di final lewat adu penalti.

Memori manis tersebut yang menjadi motivasi lebih Egy Maulana Vikri dan kolega untuk tampil mati-matian melawan Thailand. Pertandingan pertama tentu sangat wajib dimenangkan demi menambah percaya diri melakoni laga berikutnya.

“Kami akan berjuang. Karena keberadaan kami di sini menjalankan misi untuk mengulang sejarah menjadi juara. Indonesia terakhir menjadi juara SEA Games pada tahun 1991 dan itu terjadi di Manila. Inilah yang kami perjuangkan,” kata Indra di laman PSSI.

Sebelum mentas di SEA Games 2019, pasukan Coach Indra sudah melewati berbagai persiapan seperti pemusatan latihan dan laga uji coba. Terakhir, Garuda Muda dua kali menghadapi Iran U-23 dan memetik satu hasil imbang 1-1 serta satu kemenangan 2-1.

Persiapan matang tentu sangat dibutuhkan untuk menghadapi Thailand yang saat ini menyandang status juara bertahan. Tim berjuluk The War Elephants itu juga tercatat sebagai tim tersukses dari cabor sepak bola SEA Games dengan koleksi 16 emas sepanjang sejarah.

Sayang, pada SEA Games kali ini, Thailand dilanda sedikit masalah. Tim asuhan Akira Nishino itu terpaksa hanya membawa 19 pemain dari 20 kuota yang disediakan. Satu pemain senior Ekanit Panya terpaksa dicoret lantaran cedera lutut.

“Kami terpaksa hanya membawa 19 pemain karena Ekanit cedera. Sayangnya kami tidak bisa memasukkan pemain tambahan karena sudah terlanjur mendaftarkan skuat. Sesuai regulasi, daftar tersebut tidak bisa diubah,” tutur Akira sebagaimana dilansir iNews.com

Tahun ini, kedua tim sudah dua kali bentrok. Pertama, Indonesia menang 2-1 pada final Piala AFF U-22 2019 di Phnom Penh, Kamboja, 26 Februari silam. Kedua, Garuda Muda takluk 0-4 pada kualifikasi Piala Asia U-23 2020 di Hanoi, Vietnam, 22 Maret lalu.(*)