Bupati Irdinansyah Ajak sekolah Hidupkan Program UKS / M

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Bupati Irdinansyah Ajak sekolah Hidupkan Program UKS / M

Rabu, 06 November 2019

Tanah Datar,fajarsumbar.com- Generasi muda umumnya dihadapkan dengan maraknya penyalahgunaan narkoba, seks bebas, kemajuan teknologi infromasi, infeksi menular, gangguan kesehatan terkait sanitasi dan lainnya.

Melalui program UKS/M yang dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi dengan baik antar pemangku kepentingan, diharapkan gerakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) menjadi gerakan bersama terutama untuk peserta didik dan warga sekolah.

Bupati Irdinansyah Tarmizi yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Nuryeddisman saat membuka Rakor UKS/M di Ballroom Hotel Emersia Batusangkar, Rabu (06/11) mengakui  UKS/M ini sudah sejalan dengan Surat Keputusan Bersama Empat Menteri yaitu Menteri Dikbud, Menteri Kesehatan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri.

“Saya berharap kegiatan UKS/M tidak hanya sebatas memenuhi seremonial Lomba Sekolah Sehat baik tingkat kabupaten maupun sampai ke tingkat nasional tetapi sudah menjadi budaya bersama menuju masyarakat yang sehat,” pesannya  

“Untuk itu saya harapkan seluruh sekolah mulai dari TK/PAUD dan SLTA kembali menghidupkan progam UKS/M dengan memenuhi indikator-indikator, tidak hanya berorientasi lomba semata,” tegasnya.

Sementara Panitia Pelaksana H. Afrizon yang juga Kabag Kesra menyampaikan rakor bertujuan untuk menambah pemahaman dan menguatkan komitmen pelaksanaan UKS/M serta mengenal lebih jauh tentang UKS/M itu sendiri.

Rakor ini diikuti perangkat daerah terkait, tim pembina UKS/M, Camat, Kepala KUA, Kepala UPT Puskesmas dan Pengawas Sekolah se-Kabupaten Tanah Datar serta menghadirkan narasumber dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat.(adek)