Dua Pohon Tumbang di Katapiang LBS, BPBD Imbau Warga Waspada

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Dua Pohon Tumbang di Katapiang LBS, BPBD Imbau Warga Waspada

Minggu, 24 November 2019
.

Payakumbuh, fajarsumbar.com  - Payakumbuh kembali diterpa hujan lebat disertai angin kencang, sehingga keadaan ini membuat sudah yang ke dua kalinya pohon tumbang di area Katapiang Kelurahan Labuah Basilang, tidak jauh dari pohon yang tumbang sebelumnya beberapa hari lalu, tumbang lagi pohon pada Sabtu (23/11) malam.

Tidak menunggu lama, usai mendapatkan informasi dari warga, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Payakumbuh segera ke lokasi untuk mengeksekusi pohon yang melintang di jalan Ahmad Yani, sekitar 150 meter dari bundaran Labuah Basilang yang menyebabkan kendaraan tidak bisa lewat.

Walau dibawah hujan deras, para petugas BPBD tampak sigap membelah pohon itu dengan gergaji mesinnya. Kira-kira setengah jam pohon dapat dibersihkan dan lalu lintas kembali lancar.

Beberapa warga juga tampak ikut membantu petugas bersama relawan, sehingga pada pukul 23.10 area tersebut sudah aman, namun masyarakat dihimbau untuk selalu waspada apalagi bila berada di dekat pohon pelindung yang berpotensi tumbang.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Payakumbuh Yufnani Away melalui Kabid Rehab Rekon, An Denitral mengatakan BPBD Kota Payakumbuh memiliki Tim Aksi dan Tim Survey dimana keduanya terus menerus secara kontiniu memonitor keadaan disekitar Kota Payakumbuh.

"Beberapa titik sudah kita survey dan kita pantau, tim aksi kita siapkan juga bilamana nanti ada kejadian yang tidak kita inginkan terjadi seperti pohon menimpa rumah warga, karena ini sangat berbahaya dan menyangkut nyawa masyarakat kita," kata An Denitral.

An Denitral juga menyampaikan dari laporan BMKG wilayah Sumbar akan sering mengalami hujan disertai angin, untuk itu warga diminta selalu waspada dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seputar informasi kejadian-kejadian bencana yang mungkin bisa saja terjadi. (013)