Finish Etape I Tds, Pebalap Disuguhi Makanan Khas Tanah Datar

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Finish Etape I Tds, Pebalap Disuguhi Makanan Khas Tanah Datar

Sabtu, 02 November 2019
Tanah Datar, fajarsumbar.com-  Etape 1 Tour d Singkarak Tahun 2019 berakhir finish di Istano Basa Pagaruyung Batusangkar.Para pebalap sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2019 disajikan makanan khas Kabupaten Tanah Datar, dengan "Makan Bajamba" di Istano Basa Pagaruyung setelah penyerahan hadiah juara etape 1

Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma menjelaskan Makan Bajamba merupakan tradisi masyarakat Tanah Datar dimana makan di atas rumah adat. Hal ini penghormatan kepada tamu dan pebalap yang datang dari berbagai negara.

"Mudah-mudahan menjadi kenangan ke negara masing-masing,dan menyampaikan kepada siapaun dinegara masing-masing peserta " kata Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma saat Finis Etape 1 di Istano Basa Pagaruyung, Sabtu (2/ 10).

Zuldafri Darma mengatakan selain makan "bajamba", yang menarik adalah para pebalap dunia tersebut mengenakan kain sarung untuk menghormati rumah adat Istano Basa Pagaruyung sekaligus sebagai cendramata

Jamuan makanan khas Tanah Datar dan penampilan kesenian daerah ini diharapkan mampu memperkenalkan pariwisata Tanah Datar ke dunia internasional yang akan berdampak terhadap peningkatan kunjungan wisata dan perekonomian masyarakat.

Etape 1 Tour d Singkarak Tahun 2019 start di Pantai Gondoriah Kota Pariaman dan berakhir finish di Istano Basa Pagaruyung Batusangkar. Pebalap Ewart Jesse menempatkan diri sebagai pebalap tercepat pada etape 1 Tour de Singkarak (TdS) 2019.

Pebalap Australia yang bergabung dengan Sapura Cycling Team, Malaysia ini masuk finis diiringi oleh rekan setimnya Raileanu Christian Malaysia dengan catatan waktu 2 jam 35 menit 3 detik. 

Sedangkan untuk Best Rider Indonesian diraih oleh Sahbana Agung dari KFC Cycling Team dengan catatan waktu 2 jam 37 menit 33 detik, menyusul Hibatullah Jamal yang mengisi Sapura Cycling Team, dan Soleh Abdul dari KFC. Masing-masing dengan catatan waktu 2 jam 38 menit 10 detik.

Untuk Team Classification, Team sapura Cycling Team berhasil bertengger pada urutan kedua dengan total catatan waktu 7.52.01, disusul Go For Gold Philippines pada urutan kedua dengan catatan waktu 7.53.54 detik dan di posisi ketiga diraih oleh PGN Road Cycling Team 7.54.30 detik.

Sementara untuk kategori Stage Indonesia Team, PGN Road Cycling Team berhasil menempati posisi pertama dengan catatan waktu 7.54.30 detik, disusul oleh Padang Road Bike dengan total waktu 7.54.30 detik, dan KFC dengan catatan waktu 7.56.03 detik.(adek)