Irdinansyah Tarmizi : Bundo Kandung Punya Peran Penting Wujudkan Tanah Datar Madani

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Irdinansyah Tarmizi : Bundo Kandung Punya Peran Penting Wujudkan Tanah Datar Madani

Kamis, 28 November 2019
.
Tanah Datar, fajarsumbar.com-Bundo Kanduang merupakan satu-satunya organisasi kemasyarakatan perempuan untuk hukum adat Minangkabau yang menganut sistem kekerabatan matrilinial sekaligus mitra pemerintah daerah untuk mewujudkan Tanah Datar yang madani, berbudaya dan sejahtera berlandaskan ABS SBK.
Hal itu disampaikan Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi saat menjadi keynote speaker pada Pelatihan Peningkatan Kapasitas Bundo Kanduang se Kabupaten Tanah Datar, Hotel Emersia, Batusangkar, Rabu (27/11/)
Bupati Irdinansyah mengatakan sebagai pengurus Bundo Kanduang tentu mempunyai tugas berat yang telah menantinya, berdasarkan sumpah yang telah diikrarkan, bahwa Bundo Kanduang harus bisa menegakkan adat di dalam kehidupan sehari-hari.
Sebagai Payuang Panji Bundo Kanduang Tanah Datar, Bupati Irdinansyah juga berharap Bundo Kanduang dapat mengantisipasi masalah kenakalan remaja yang terjadi saat ini, karena memang dimulai dari Bundo Kanduang lah pendidikan karakter usia dini dimulai.
“Bundo Kanduang secara harfiah mempunyai arti Ibu sejati, banyak peran penting yang menjadi tanggung jawab Bundo Kanduang, ia (Bundo Kanduang) juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan dan pelestarian budaya Minangkabau. Melalui acara ini, semoga Bundo Kanduang di Luhak Nan Tuo akan semakin baik dan berkualitas,” ujar Bupati Irdinansyah.
Sementara itu, Ketua Bundo Kanduang Tanah Datar diwakili Sekretaris Sofia dalam laporannya, mengatakan dasar pelaksanaan acara berasal program kerja Bundo Kanduang Tanah Datar tahun 2019, diikuti Bundo Kanduang Kabupaten Tanah Datar sebanyak 17 orang, Bundo Kanduang Kecamatan sebanyak 14 orang dan Bundo Kanduang Nagari sebanyak 75 orang.
“Acara ini bertujuan menambah pemahaman tentang nilai-nilai adat dan budaya Minangkabau bagi Bundo Kanduang di seluruh Tanah Datar, acara tersebut dimulai dari tanggal 27 s/d 28 November 2019, dalam rangkaian acara, juga diisi dengan diskusi,” ujar Bundo Sofia.
Difasilitasi Dinas Sosial PPPA Tanah Datar bidang Pengarus Utamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (PUG-PP), acara itu menghadirkan Ketua Bundo Kanduang Sumatera Barat Prof. Puti Reno Raudah Thaib, Kepala Baperlitbang Tanah Datar Alfian Jamrah, Dosen IAIN Batusangkar Emrizal Dt. Hyang Basa dan Kepala Dinas Sosial PPPA Tanah Datar Yulhardi sebagai narasumber.(adek)