Kesbang Pol Payakumbuh Sosialisasikan Pilkada ke Sekolah

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Kesbang Pol Payakumbuh Sosialisasikan Pilkada ke Sekolah

Kamis, 28 November 2019
.

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Untuk memberikan pengetahuan tentang Pemilu, Badan Kesatuan Bangsa dan Poitik (Kesbang-Pol) Kota Payakumbuh melaksanakan kegiatan Pendidikan Politik Goes To School sekaligus sosialisasi Pilkada Serentak 2020 bagi pemilih pemula di Kota Payakumbuh, Kamis (28/11).

Kegiatan yang berlangsung di aula SMAN 3 Kota Payakumbuh tersebut turut dihadiri oleh walikota yang diwakili Asisten III Amriul Dt. Karayiang, Kapolres Kota Payakumbuh, Dandim 0306/50 Kota, Kajari Kota Payakumbuh, Ketua dan Komisioner KPU Kota Payakumbuh, dan Komisioner Bawaslu Kota Payakumbuh.

Walikota Payakumbuh yang diwakili Asisten III Amriul Dt. Karayiang mengatakan jika pendidikan politik berperan penting sebagai media penyampaian konsep politik yang memiliki tujuan akhir untuk membuat pemilih pemula menjadi lebih peka terhadap politik. 

“Dan pemilu merupakan sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat dimana rakyat dapat memilih pemimpin politik secara langsung baik lembaga perwakilan tingkat pusat maupun tingkat daerah,” ujar Amriul saat memberikan pemaparan kepada ratusan pelajar.

Lebih lanjut, generasi muda sebagai pemilih pemula harus melakukan revolusi mental melalui Gerakan Indonesia Melayani, Gerakan Indonesia Tertib, Gerakan Indonesia Bersih, Gerakan Indonesia Mandiri, dan Gerakan Indonesia Bersatu yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”, kata Amriul.

Berkenaan dengan pemilihan kepala daerah serentak se-Indonesia yakni pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun 2020, dia berharap agar pemilih pemula, menolak dan melawan politik uang, politik dengan isu SARA, serta politik provokasi dan hoaks. 

“Inilah yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan kita sebagai anak bangsa”, ucapnya.

Sementara itu, kepala kantor Kesbang-Pol Kota Payakumbuh, Budhy Dharma Permana mengatakan jika kegiatan sosialisasi ini merupakan sebagai sarana pendidikan politik.

“Serta bagi masyarakat terutama para kaum milenial yang di dalamnya juga termasuk para pemilih pemula yang akan menggunakan hak pilihnya untuk pertama kali pada Pilkada serentak September 2020 nanti”, ungkap Budhy.

Selain sebagai sarana pendidikan, kegiatan sosialisasi juga bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula pada Pilkada serentak September 2020 di Kota Payakumbuh.

“Dan diharapkan kepada masyrakat Kota Payakumbuh mengetahui dan memahami tata cara Pilkada serentak 2020. Serta perwakilan yang menerima sosialisasi ini nantinya diharapkan juga akan ikut Men sosialisasikan ke lingkungannya masing-masing demi kesuksesan pelaksanaan Pilkada serentak nantinya”, harap Budhy.

Dalam kegiatan pendidikan politik goes to school sekaligus sosialisasi Pilkada serentak 2020 bagi pemilih pemula di Kota Payakumbuh tersebut menghadirkan sebanyak 300 orang yang terdiri dari pelajar SMA/SMK/MAN se-kota Payakumbuh yang terdiri dari 20 sekolah dengan mengutus sebanyak 15 orang dari setiap masing-masing sekolahnya.(013)