Komisi Informasi Sumbar Kunjungi Padang Panjang

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Komisi Informasi Sumbar Kunjungi Padang Panjang

Jumat, 08 November 2019

Padang Panjang,fajarsumbar.com-Ketua Komisi Informasi (KI) Sumbar Adrian Tuswandi dan rombongan, Jum'at, (8/11), mengunjungi Kota Padang Panjang, salah satu yang mereka kunjungi adalah Rumah DataKU Kampung KB Koto Katik.

KI Sumbar melihat sendiri bahwa Rumah DataKU tidak hanya jadi basis data kependudukan, juga sebagai pusat kegiatan masyarakat Koto Katik. "Ini benar-benar bagus, tidak hanya display datanya yang luar biasa, kegiatannya pun banyak," katanya

Kedatangan Rombongan KI Sumbar yang dipimpin langsung Ketua Adrian Tuswandi dan Anggota H. Arif Yumardi itu didampingi Kabid Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo, Zulheri dan Kasi Pengelolaan Informasi Publik, Harry Sulistyo.

Kabid KIP Zulheri mengatakan untuk kedua kalinya kedatangan komisioner KI Sumbar untuk melihat dari dekat bagaimana penyajian informasi yang ada diRumah DataKu di Koto Katik, Kecamatan Padang Panjang Timur itu. 

Dikatakan Zulheri, Rumah DataKU sudah sejalan dengan program Komisi Informasi mengaplikasikan apa yang diinginkan UU 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Data-data yang dipajang dalam bentuk display menarik ini, sudah menggambarkan bagaimana kondisi sosial kemasyarakatan itu sendiri. Sehingga memudahkan dalam melakukan intervensi positif bagi pengambil kebijakan.

“Ini namanya data fisik, memudahkan dalam mengakses informasi. Dan secara online juga bisa diakses oleh siapa saja dan di mana saja. Hal ini yang membuat mereka takjub,” ujar Zulheri. 

Rumah DataKU sebagai pemenuhan hak masyarakat untuk tahu. Visitasi KI Sumbar ini dilaksanakan di tengah pelaksanaan graduasi mandiri PKH (Program Keluarga Harapan) dan BDT (Basis Data Terpadu) yang dilaksanakan PKH Padang Panjang dan sosialisasi IVA test (Inspeksi Visual Asam Asetat untuk mendeteksi dini kanker serviks) yang diadakan TP-PKK Kecamatan Padang Panjang Timur di Rumah DataKU

 Rumah DataKu juga secara online Kampung KB Koto Katik bisa diakses melalui link http://kampungkb.bkkbn.go.id/profile/1244, " Pada situs basis data KB dan intervensi kegiatan diupdate setiap saat.Di Rumah DataKU ini, selain menjadi bank data, juga disediakan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Sahabat Lapiak untuk mendukung gerakan literasi," ujar Zulheri