Mantan Pejabat Pemko Padang Ditangkap

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Mantan Pejabat Pemko Padang Ditangkap

Jumat, 22 November 2019
Tim Kejati Sumbar dan Kejari Padang mengawal terpidana korupsi, Helwis di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten untuk diterbangkan ke Padang, Jumat (22/11). (ist)

Padang, fajarsumbar.com - Mantan Kepala Bagian Perlengkapan Pemko Padang, Helwis ditangkap tim gabungan AMC Kejaksaan Agung Pidsus Kejati Sumbar dan Pidsus Kejari Padang, Kamis (21/11) sekitar pukul 10.52 WIB di rumah anaknya di kawasan Sawangan, Depok, Jawa Barat, setelah dinyatakan buron sejak 10 April 2018 lalu.

Terpidana kasus korupsi pengadaan 27 mobil dinas itu sempat dititipkan di Rutan Kejari Jakarta Selatan. 

“Kami telah menangkap terpidana HM Helwis, Kamis (21/11) dan sekarang baru dibawa ke Padang. Ia telah dimasukan ke Lapas Muaro Padang,” kata Kajati Sumbar Priyanto didampingi Kajari Padang Ranu Subroto dan Aspidsus Moh. Fatria, Jumat (22/11). 

Sesuai putusan kasasi Mahkamah Agung nomor 515/PID.Sus/2017 tanggal 15 Mei 2017 katanya, Helwis dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara  bersama-sama dengan dijatuhi hukuman pidana penjara selama 5 tahun dan 6 bulan, dan denda sebesar Rp200 juta, subsider 6 bulan kurungan serta membayar uang pengganti sebesar Rp600 juta, subsider 1 tahun kurungan. 

Dijelaskan, M Helwis merupakan kuasa pengguna anggaran (KPA) dalam kegiatan pengadaan 27 unit minibus tahun anggaran 2007 dengan pagu anggaran Rp4,5 miliar. 

Sedangkan terdakwa lainnya bernama David, komisaris perusahaan pemenang, setelah diajukan ke pengadilan tidak pernah hadir. Setelah ditelusuri ternyata David mengidap penyakit stroke permanen dan majelis hakim telah membuat putusan pengadilan menghentikan kasus itu. 

Tim Pidsus Kejati Padang yang terlibat dalam penangkapan itu terdiri dari Koordinator Basril G, Kasi Tut Yuilus Kaesar dan Kasi Eksekusi Ardi. Sementara Tim Pidsus Kejari terdiri dari Kasi Ferry Ritonga dan Kasubsi Eksekusi Muhasnan. (adi)