Muslim M. Yatim Bertekat tak Tinggal di Rumah

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Muslim M. Yatim Bertekat tak Tinggal di Rumah

Minggu, 24 November 2019
Anggota DPD-RI Muslim M. Yatim saat Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. ist
Padang, Fajarsumbar.com-Anggota DPD-RI asal Sumbar, Muslim M. Yatim menyatakan tekatnya untuk terus menjemput aspirasi masyarakat. Ia akan meneruskan tradisi mengunjungi masyarakat di seluruh pelosok nagari di Sumbar.

Tekat itu disampaikan Muslim M. Yatim di sela-sela kegiatan Sosialisai Empat Pilar Kebangsaan, Minggu (24/11) di aula STKIP Adzkia Padang. Sebagai senator, Muslim bertekat memperjuangkan aspirasi masyarakat Sumbar di Senayan.

"Insya Allah, saya takkan tinggal di rumah. Saya akan terus mengunjungi tempat-tempat di Sumatera Barat ini," ujar Muslim.

Dalam proses sebagai calon anggota DPD, Muslim M. Yatim memiliki rekam jejak yang panjang dalam bersosialisasi ke masyarakat. Ribuan titik di Sumbar dikunjungi mantan anggota DPRD Sumbar ini. Tradisi tersebut menurut Muslim akan terus dirawat kendati kiprahnya kini lebih banyak di Senayan.

Sebagai anggota DPD, Muslim bertekat memperjuangkan aspirasi masyarakat. Posisi DPD-RI diakuinya tidaklah kuat. DPD-RI termasuk yang terlemah di dunia. Berbeda dengan senator yang ada di Amerika Serikat. Namun demikian, Muslim akan mengupayakan segala hal untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Muslim mempersilahkan masyarakat menyampaikan aspirasinya. "Saya akan catat dengan rapi aspirasi itu. Nanti kita sampaikan ke anggota DPR," ujar Muslim.

Ada kewengan yang berbeda di DPD-RI. Anggota DPD tak seperti anggota DPR yang punya posisi kuat dengan pemerintah. Kendati demikian, DPD sekarang menurut Muslim tetap berupaya memaksimalkan perannya.

Walaupun DPD-RI tak sekuat DPR-RI, Muslim menekankan dirinya tetap membuka diri masyarakat untuk menyampaikan aspirasi.

DPD-RI termasuk yang terlemah di dunia. Yang terkuat itu senator di Amerika Serikat. Di salah satu negara Afrika DPD nya kuat karena kebijakan presidennya. Presiden menekankan menterinya untuk dekat dengan anggota DPD."Kalau DPD-RI mengundang menteri, kita takut menterinya tak datang. Karena anggaran itu di DPR. Kita berusaha meningkatkan peran DPD," tambah Muslim.

Kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan merupakan agenda MPR-RI. Sebagai anggota MPR, Muslim menekankan melaksanakan kewajiban tersebut. "Sebagai anggota MPR-RI kita wajib menyampaikan empat pilar kebangsaan," ujar Muslim M. Yatim.

Sejak pertama kali sosialisasi ini dilakukan, belum 30 persen pemahaman empat pilar sampai ke masyarakat. Jadi, pemahaman tentang Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika harus terus dilaksanakan. (Rizal)