Nadiem Makarim Pastikan UN 2020 Tetap Berlangsung

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Nadiem Makarim Pastikan UN 2020 Tetap Berlangsung

Minggu, 01 Desember 2019

 
(dct)

Jakarta, fajarsumbar.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebut wacana penghapusan Ujian Nasional di tingkat sekolah dasar hingga sekolah lanjutan kemungkinan baru bisa diterapkan setelah 2020.


Dia pun memastikan Ujian Nasional tetap akan digelar pada tahun depan.


"Yang sudah pasti 2020 masih akan jalan UN. Itu kan sudah kami umumkan, biar tenang bagi yang sudah belajar. Ini (hapus UN) keputusan untuk yang di tahun berikutnya," kata Nadiem di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Sabtu (30/11/2019).


Lagi pula, ujar Nadiem, Kemendikbud juga masih mengkaji penghapusan Ujian Nasional ini dan masih banyak hal yang harus dievaluasi hingga UN benar-benar bisa dihapus.


"Baru minggu lalu kami melakukan asasment bertahap, tahap evaluasi, jadi ya belum siap (menghapus UN)," kata Nadiem sebagaimana dikutip detikcom.


Nadiem mengatakan alasan penghapusan UN adalah karena banyak aduan dan aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada dirinya, baik dari kalangan guru maupun murid.


Mantan bos Gojek ini mengatakan mereka sebenarnya bukan ingin menghapus, tapi ingin menghindari hal-hal negatif yang banyak ditimbulkan dari UN.


"Prinsipnya bukan semua wacana menghapus, tapi juga memperbaiki esensi dari UN itu sebenarnya apa, apakah menilai prestasi murid atau menilai prestasi sistem," kata Nadiem. (*)