Nagari Tebing Tinggi, Dinilai Tim Provinsi Sumbar

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Nagari Tebing Tinggi, Dinilai Tim Provinsi Sumbar

Jumat, 29 November 2019
.

Dharmasraya Fajarsumbar.com - Tim penilaian lomba transparansi Dana Desa (DD) di wilayah Kabupaten  Dharmasraya dari pihak Provinsi Sumatera Barat mendatangi Nagari Tebing Tinggi, Kecamatan Pulau Punjung Jumat (29/11).

Kedatangan 5 orang tim  penilai DD Provinsi tersebut, disambut langsung oleh Wakil Bupati Dharmasraya H Amrizal Dt Rajo Medan, Plt, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Dharmasraya Hasto Kuncoro dan beberapa pejabat lainnya.

Menurut Wabup H Amrizal Dt Rajo Medan, penilaian lomba transparansi pelaksanaan DD diakhir tahun, merupakan langka tepat. Pasalnya, segala pelaksanaan kegiatan sudah tercapai. Sehingga, pihak nagari akan dinilai, serta camat dan dinas terkait, menampakkan kebenaran kinerja dalam pelaksanaan DD. Dalam hal ini, tentu tampak nyata bagaimana persiapan dan kematangan kinerja dalam mengelola DD dilakukan nagari, sesuai dengan ketentuan yang ada.

Ia juga memaparkan atas lahirnya UU No: 6/2014, tentang Desa, Permendagri No-: 44/2016 tentang kewenangan Desa, dilanjutkan dengan Perbup Dharmasraya No: 34/2019 tentang daftar kewenangan Nagari berdasarkan hak asal-usul dan kewenangan lokal berskala Desa, telah merubah wajah Nagari secara signifikan, terutama dibidang pembangunan.

Menyimak dari berbagai kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat berskala Nagari dilakukan. Tentu kita menyadari arti transparan dalam pengelolaan DD, maka Pemkan Dharmasraya telah memoersiaokan berbagai strategi.

 "Kita telah menandatangani fakta integritas, juga telah melakukan kerjasama dalam peningkatan kompetensi seluruh nagari, dan banyak hal lainnya akan ditemui para Tim penilai dilapangan," papar Wabub.

Sementara itu, Plt, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Dharmasraya, Hasto Kuncoro, menambahkan dalam paparan tersebut. Sebagai OPD teknis akan selalu menjadi pendamping dalam pembinaan terhadap pemerintaha terujung itu. Sehingga proses perencanaan, pelaksanaan kegiatan, evaluasi pelaksanaan DD dapat berjalan sesuai aturan.

"Sesuai dengan proses dan evaluasi dilakukan sejak awal tahun. Maka, Nagari Tebing Tinggi juga diharapkan menjadi pemenang pertama ditingkat Sumbar atas transparansi DD," pungkas Hasto Kuncoro. (Syaiful Hanif)