Nanti Malam Timnas U-22 vs Singapura, Ini Prediksinya

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Nanti Malam Timnas U-22 vs Singapura, Ini Prediksinya

Kamis, 28 November 2019
Pemain Timnas U-22 Indonesia saat merayakan kemenangan setelah mencetak gol ke gawang lawan.

Manila, fajarsumbar.com - Pertandingan Tim Nasional (Timnas) Indonesia U23 vs Singapura akan digelar di Stadion Memorial Rizal,Kamis (28/11/2019) pukul 19.00 WIB. Bermain di laga kedua Grup B SEA Games 2019, Garuda Muda bakal memanfaatkan kondisi Singapura yang gagal menang di laga perdana. Laga tersebut bakal disiarkan TVRI dan RCTI.

Timnas Indonesia U23 sukses mengalahkan lawan berat Thailand 2-0 di pertandingan pertama pada Selasa (26/11/2019). Gol cepat Egy Maulana Vikri dan tambahan dari Osvaldo Haay menjadi kunci kemenangan Garuda. Namun, hal itu belum cukup untuk membuat pasukan Indra Sjafri ada di puncak klasemen Grup B. Di urutan pertama, ada Vietnam yang menggasak Brunei Darussalam 6-0 pada Senin (25/11). 

Satu-satunya cara bagi Indonesia untuk menyalip Vietnam adalah meraih kemenangan dengan banyak gol, dan tidak kehilangan angka dalam duel kontra The Golden Stars pada Minggu (1/12) mendatang. Namun, sebelum itu, ada Singapura di depan mata. The Young Lions dalam kondisi tidak ideal karena hanya bisa bermain imbang tanpa gol melawan Laos (26/11). 

Akan semakin berat jika Singapura kalah dari Indonesia. Oleh karenanya, dapat dipastikan pasukan Fandi Ahmad bakal mati-matian untuk pertandingan ini. Indra Sjafri menyadari betul keinginan Singapura ini. Di samping itu, Garuda juga tidak akan jemawa hanya karena bisa menaklukkan sang juara bertahan Thailand di laga pembukaan.

"Laga melawan Singapura nilainya sama dan bahkan lebih penting dibanding laga pertama melawan Thailand. Untuk mengamankan tiket ke semifinal, kita harus menjaga tren kemenangan. Karena itu, pemain harus cepat siap dan fokus ke pertandingan ini," kata Indra dikutip situs web resmi PSSI. 

Melihat ketatnya jadwal, semua tim berlaga dua hari sekali sejak penyisihan hingga semifinal, rotasi pemain kemungkinan akan diterapkan oleh Indonesia dan Singapura. Khusus The Young Lions, Fandi Ahmad kemungkinan akan merombak lini tengah dan depannya. Hal ini tidak dapat dilepaskan dari penilaian sang juru taktik soal penyelesaian akhir timnya melawan Laos. 

"Kami menciptakan banyak peluang, mendominasi laga. Seringkali kami berada di tengah lapangan mereka. Saya melihat Indonesia mengalahkan Thailand, jadi grup ini akan sangat-sangat berat," papar Fandi dikutip situs web resmi FA Singapura sebagaimana dikutip tirto.id.

Prediksi Jalannya Laga Dalam laga kontra Laos, Fandi Ahmad memakai formasi 4-4-2 dengan mengandalkan pemain senior Faris Ramli dan penyerang Raufoss IL, Ikhsan Fandi, di lini depan. Namun, ketika tim tak kunjung mencetak gol, Fandi kemudian mengubah pola jadi 4-3-3, memakai Haiqal Pashia. 

Sementara itu, saat melawan Thailand, Indonesia punya keuntungan dengan gol cepat yang membuat lawan kelelahan mencari gol penyeimbang. Selain itu, di kubu Garuda ada pengatur serangan Evan Dimas yang perannya bisa kembali sentral untuk mengurai pertahanan Singapura.(*)