Para Pakar Ginjal Internasional Berkumpul di Padang, Ini Tujuannya

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Para Pakar Ginjal Internasional Berkumpul di Padang, Ini Tujuannya

Minggu, 10 November 2019
.

Padang, fajarsumbar.com - Para ahli ginjal se Indonesia dan dari sejumlah negara akan berkumpul di Padang pada Pertemuan Ilmiah (PIT) Tahunan-Konferensi Kerja Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Konker-Pernefri) 2019 pada 14-16 November ini. Mereka akan membahas dan berbagi ilmu terbaru tentang pengobatan ginjal.

Ketua Panitia PIT-Konker Pernefri 2019, dr. Harnavi Harun, SpPD-KGH, Finasim, dalam keterangan persnya Jumat (8/11) mengatakan meningkatnya angka kesakitan dan kematian akibat penyakit ginjal dan hipertensi di dunia termasuk Indonesia memerlukan peningkatan pelayanan oleh para dokter umum, dokter spesialis penyakit dalam, konsultan ginjal dan hipertensi, maupun konsultan lain, sehingga dapat memberikan tatalaksana berkualitas dan komprehensif.

”Perkembangkan ilmu kedokteran di bidang ginjal dan hipetensi telah memacu klinisi untuk meningkatkan pengetahuan mereka dalam memberikan pelayanan kesehatan berkualitas,” kata Harnavi.

Disebutkannya, penyelenggaraan PIT-Konker Pernefri 2019 akan membahas topik ilmiah terkini di bidang penyakit ginjal dan hipertensi yang sering ditemui dalam praktik klinis.

“Seperti kita ketahui bidang ilmu penyakit ginjal dan hipertensi dari waktu ke waktu sangat pesat perkembangannya. Sehingga sangat menarik untuk dibahas agar para klinisi selalu dapat mengikuti perkembangan ilmu terbarunya,” sebut Harnavi.

Iven yang akan digelar pada 14-16 November besok terdiri dari workshop, plenary lecture, simposium, presentasi dan lomba karya ilmiahh berupa makalah bebas oral dan poster “Young Investigation Award”.

“Pertemuan ilmiah yang mengangkat tema “Best Practice in Kidney Diseases and Hypertension Care in Indonesia” ini, diharapkan dapat meningkatkan keilmuan tentang diagnosis dan tatalaksanan penyakit ginjal dan hipertensi.

Peserta pertemuan ilmiah ini berasal dari berbagai penjuru tanah air dan sejumlah negara dengan nara sumber dari luar negeri seperti Australia, Jepang, Malaysia dan para ahli tanah air yang biasa menjadi nara sumber di tingkat internasional.

Korwil Pernefri Sumbar, Riau, Kepri, dr. Syaiful Azmi, SpPD-KGH, Finasim, mengatakan PIT -Konker Pernefri merupakan kegiatan rutin yang bertujuan saling berbagi informasi tentang perkembangan ilmu kedokteran. Terutama bidang ginjal dan hipertensi kepada sejawat dokter spesialis penyakit dalam, baik konsultan ginjal hipertensi, maupun konsultan lain, dokter spesialis penyakit dalam, umum, mahasiswa kedokteran, para medis dan ilmu disiplin lainnya yang berminat.

“Hingga 5 November kemarin sudah 800 orang yang mendaftar, sedangkan target adalah 1000 orang. Sepertinya peserta akan melebihi dari target. Dan mudah-mudahan kegiatan ini lancar sampai akhir dan dapat memenuhi kebutuhan sejawat di fasilitas kesehatan primer, sekunder maupun tersier dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Kami tunggu kedatangan sejawat semuanya,” ujar Syaiful.

Dijelaskannya, sub bagian ginjal hipertensi RSUP Dr. M. Djamil Padang dan Pernefri Korwil Sumbar, Riau, Kepri kali ini dipercaya sebagai tuan rumah PIT-Konker Pernefri telah banyak berusaha berkontribusi dalam perbaikan kesehatan rakyat Indonesia terutama dalam penyakit ginjal dan hipertensi, dengan salah satu capaian yang membanggakan, yaitu telah 11 kali melakukan transplantasi ginjal pada pasien dengan penyakit ginjal kronik.

Saat ini RSUP M. Djamil punya empat dokter yang menangani kasus pasien ginjal dan hipertensi, yakni dr. Harnavi, dr. Syailful Azmi, dr. Drajad Priyono dan dr. Deka Viotra. Mereka akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik, pada pasien ginjal dan hipertensi.

Turut hadir dalam jumpa pers tersebut Ketua Sub bagian Reumatologi dr. Najirman, Ketua Subbagian Penyakit Tropik dan Infeksi, dr. Armen Ahmed dan lainnya.  (yke)