Pelayanan SIM Keliling Polres Kota Sawahlunto Diminati Warga, Ini Jadwalnya

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Pelayanan SIM Keliling Polres Kota Sawahlunto Diminati Warga, Ini Jadwalnya

Jumat, 29 November 2019
Pelayanan SIM keliling Polres Kota Sawahlunto.

Sawahlunto, fajarsumbar.com - Menjawab pertanyaan masyarakat tentang cara dan jadwal layanan Surat Izin Mengemudi (SIM) keliling, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Kota Sawahlunto Iptu Dany Salman SH MH menyampaikan kepada fajarsumbar.com di kantornya, Jum'at ( 29/11/2019).

Untuk persyaratan pemohon SIM sesuai dengan Pasal 81 UU No. 22 tahun 2009 sebagai berikut, 1. Permohonan tertulis, 2. Bisa baca tulis, 3. Memiliki pengetahuan peraturan lalulintas jalan, 4. Teknik dasar kendaraan Bermotor, 5. Batas usia, 17 tahun untuk SIM golongan A, C dan D. 20 tahun untuk SIM golongan B I. 21 tahun untuk golongan B II, 6. Syarat administrasi, 7. Sehat jasmani dan rohani, 8. Lulus uji teori dan praktek SIM dilengkapi hasil uji simulator.

"Pelayanan SIM keliling hanya untuk perpanjangan SIM saja, SIM dapat diperpanjang Dua hari sebelum masa berlaku habis. Untuk pembuatan SIM Baru, pemohon langsung saja datang ke Polres", ujarnya.

Sedangkan biaya dalam memperpanjang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) SIM A sebesar Rp80 ribu, PNBP SIM C sebesar Rp75 ribu. Untuk pembuatan SIM baru yang telah habis masanya, PNBP SIM A sebesar Rp120 ribu, PNBP SIM C sebesar Rp100 ribu ditambah biaya administrasi lainnya seperti Kesehatan dan Physikologi.

"Minggu ini pelayanan SIM keliling berada di Kecamatan Talawi, selanjutnya Kecamatan Lembah Segar, terus Kecamatan Silungkang dan Kecamatan Barangin. Begitulah selanjutnya sampai akhir tahun 2019 ini", pungkasnya. (ton)