Persoalan BUMDes Sawahlunto Diserahkan ke Walikota, Begini Jawaban Deri Asta

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Persoalan BUMDes Sawahlunto Diserahkan ke Walikota, Begini Jawaban Deri Asta

Selasa, 26 November 2019
Kepala Desa Muaro Kalaban Herdiamon.

Sawahlunto, fajarsumbar.com - Heboh masalah pengelolaan Bumdes Menuju Kesejahteraan Bersama (MKB) karena tidak jelasnya pengelolaan dan kemana aliran dana yang di kucurkan dari APBDes sebanyak Rp350 juta, kini persoalannya sudah sampai ke tangan walikota.

Hal itu diakui, Kepala Desa Muaro Kalaban Herdiamon kepada fajarsumbar.com di kantornya, Selasa (26/11/2019). "Persoalan ini sudah di tangah walikota," ujarnya.

Sebagaimana berita fajarsumbar.com, kemarin masyarakat Desa Muaro Kalaban, Kecamatan Silungkang, Kota Sawahlunto yang mempertanyakan pengelolaan Bumdes Menuju Kesejahteraan Bersama (MKB) dikarenakan ketidakjelasan pengelolaan dan kemana aliran dana yang di kucurkan dari APBDes sebanyak Rp350 juta, kini persoalannya sudah sampai ke tangan walikota.

"Proses agak lambat siapnya karena direkturnya pelaksana tugas (Plt), karena telah diserahkan ke pak walikota tentu saya menunggu dari pak walikota," terangnya.

Ia menjelaskan selaku komisaris baru mulai dari akhir Januari 2019 untuk BUMDes MKB tetap berjalan walaupun ada beberapa kegiatan yang ditangguhkan. Terkait isi berangkas BUMDes yang telah dibuka ia mengakui bahwa ditemukan uang senilai Rp118 ribu dan ada juga uang BUMDes yang beredar ke masyarakat melalui koperasi simpan pinjam.


.

"Iya, salah satu unit usahanya simpan pinjam dan ada uang yang sedang beredar ke masyarakat", imbuhnya

Menyikapi hal tersebut Walikota Sawahlunto Deri Asta menyebutkan saat dijumpai fajarsumbar.com di ruangannya bahwa memang ada surat untuk walikota tertanggal 31 Oktober 2019, lalu diteruskan ke Inspektorat untuk di audit. 

"Kita tidak perlu sebut siapa, yang jelas secara lembaga harus diaudit. Jika ada kendala di setiap BUMDes maka buat surat ke kepala daerah agar dapat diambil langkah untuk di audit melalui Inspektorat", pungkasnya. (ton)