Sah, fajarsumbar.com Verifikasi Administrasi dan Faktual

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Sah, fajarsumbar.com Verifikasi Administrasi dan Faktual

Sabtu, 30 November 2019
Kesibukan di kantor fajarsumbar.com saat diverifikasi administrasi dan faktual

Padang, fajarsumbar.com - Setelah melalui perjuangan yang panjang dan melelahkan, akhirnya media online www.fajarsumbar.com lolos Verifikasi Administrasi dan Faktual yang diverifikasi oleh Dewan Pers pada 31 Oktober 2019.

Kepastianya lolosnya fajarsumbar.com Verifikasi Administrasi dan Faktual itu setelah munculnya di website Dewan Pers; https://dewanpers.or.id/data/perusahaanpers pada 28 November 2019 sekira pukul 17.30 WIB. 


Bukti Verifikasi Administrasi dan Faktual yang  ditampilkan di website Dewan Pers

"Alhamdulillah, akhirnya perjuangan panjang, kerja keras dan melelahkan dari semua kruw, akhirnya fajarsumbar.com lolos Verifikasi Administrasi dan Faktual," ujar Pemimpin Redaksi fajarsumbar.com Andri Besman, Sabtu (30/11/2019).

Lolosnya media online yang didirikan pada 9 Mei 2018 di bawah naungan PT. Fajar Sumbar Mandiri tersebut tidak lepas dari kerja keras dan keseriusan tim dalam menghadapi verifikasi.


Kruw fajarsumbar di kantor redaksi.

Dengan demikian jumlah media yang terverifikasi administrasi faktual di Sumbar telah mencapai 18 media, baik online maupun media cetak. "Terima kasih semuanya, baik itu tim Dewan Pers yang telah menverifikasi juga kepada rekan-rekan kruw fajarsumbar," tambah Redaktur Pelaksana Yasrizal.

Yasrizal menambahkan dengan terverifikasi media fajarsumbar.com tersebut, maka akan menjadi indikator media sehat sebagaimana amanah UU Pers. 


.

Sebagai media yang berkomitmen menyajikan berita secara akurat, lugas dan berimbang, media online fajarsumbar.com terus berupaya untuk menjadi media yang profesional dan dapat dipercaya oleh masyarakat luas.

Menurutnya, dalam kurun beberapa waktu terakhir, fajarsumbar.com terus bertumbuh dan memperbaiki beberapa kekurangan, agar benar-benar dapat memenuhi informasi bagi masyarakat Indonesia, khususnya di Sumbar. 

Media online fajarsumbar.com sebelumnya telah terdaftar di Dewan Pers, hanya saja baru terverifikasi Administrasi pada 26 Oktober 2018. 

Setelah melewati perjuangan panjang serta memperbaiki kekurang-kekurangan, pada 28 November 2019 Dewan Pers menetapkan fajarsumbar.com Terverifikasi Administrasi dan Faktual.

Bertambahnya media yang telah terferivikasi Administrasi dan Faktual di Sumbar tersebut, semakin bisa memenuhi informasi bagi seluruh masyarakat, Sumbar khususnya hingga rakyat Indonesia pada umumnya.

Apalagi sekarang sudah banyak tumbuh media online. Ini menjadi bukti bahwa media online fajarsumbar.com mampu bersaing dengan media-media online lainnya.

Perlu diketahui, Dewan Pers melakukan verifikasi administrasi pada perusahaan pers adalah untuk melakukan pengecekan serta pemeriksaan atas dokumen-dokumen dari perusahaan pers tersebut telah memenuhi standar perusahaan pers atau tidak.

Sedangkan Verifikasi Administrasi dan Faktual adalah untuk menunjukkan bahwa baik administrasi maupun fakta-faktanya telah memenuhi semua persyaratan yang dipersyaratkan oleh undang-undang maupun peraturan dewan pers. 


Sekretaris Redaksi mempersiapkan dokumen administrasi untuk verifikasi administrasi dan faktual

Artinya, Verifikasi Faktual adalah upaya final pihak dewan pers untuk membuktikan bahwa informasi yang terkait sebuah perusahaan pers sepenuhnya dapat dipercaya.

Tahapan terverifikasi itu bukan hal sulit asal sungguh-sungguh ingin menjadi media yang taat regulasi. Misalnya saja harus memiliki pemimpin redaksi yang berkualifikasi telah mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat utama, keberadaan kantor harus jelas dan produktif menghasilkan berita. Selain itu, media juga harus menetapkan beberapa aturan sesuai UU Ketenagakerjaan.

"Insya Allah bagi media yang telah lolos Verifikasi Administrasi dan Faktual sertifikatnya menyusul akan dikirimkan ke alamat masing-masing media," ujar salah seorang tenaga sekretariat dari Dewan Pers, Fitri. (***)