Solok Selatan Kembali Disapu Banjir, Jalan Putus, Tiang Listrik Hanyut

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Solok Selatan Kembali Disapu Banjir, Jalan Putus, Tiang Listrik Hanyut

Sabtu, 23 November 2019
Malam ini juga Polres Solsel memboyong alat berat kelokasi putusnya jalur transpirtasi dua arah.

Solsel, fajarsumbar.com -
Tidak putus dirundung malang, Solok Selatan (Solsel) kembali dihantam banjir besar, Jumat (23/11/2019) malam, akibat hujan lebat yang tidak henti-hentinya. Sampai berita ini diturunkan banjir menggenangi sejumlah titik hingga sepinggang orang dewasa.


Sebagaimana laporan wartawan fajarsumbar.com di lokasi kejadian, hampir tiga wilayah kecamatan di Solok Selatan terendam. Air tidak saja menggenangi rumah warga, puluhan hektar lahan petanian di sapu, sejumlah anak sungai meluap. Belum diperoleh informasi beberapa kerugian akibat musibah tersebut.

Banjir besar ini sudah yang ketiga kalinya sejak, Rabu (20/11/2019) sebelumnya, banjir nyaris merobohkan jembatan penghubung dua nagari di Solok Selatan.


.

Belum kering air mata warga, banjir besar kembali melanda. Daerah tersebut tiga hari berturut-turut dilanda musibah.

Banjir tersebut tidak saja menggenangi rumah warga, tapi juga mengakibatkan jalan Lintas Provinsi dari Kota Padang -Kab.Solok Selatan - Kerinci Provinsi Jambi putus total.

Tepatnya di Jorong Liki, Nagari Lubuk Gadang Barat Daya, Kecamatan Sangir. Akibatnya jalan macet total, karena air deras memenuhi jalan, sehingga berbahaya dilalui baik kendaraan roda dua maupun roda empat. Antrean kendaraan panjang kendaraan tidak bisa dihindari kedua arah. Banjir juga menggenangi Mapolsek Sungai Pagu setinggi pinggang orang dewasa.
  
.

Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto S.ik M.H,  bersama Waka Polres para PJU dan seluruh personel Polres Solok Selatan, BPBD dan sejumlah pejabat di daerah tersebut turun ke lokasi.

Menurut sejumlah warga, banjir kali merupakan yang terparah dari beberapa tahun belakangan. Banjir kali ini tidak saja mengakibatkan beberapa jembatan putus dan hanyut, tapi juga meroboh dan menghanyutkan tiang listrik.

Jembatan Bumi Ayu dan jembatan Simpang Jariang tak bisa lagi dilewati. Beberapa tiang listrik hanyut sehingga aliran listrik padam di wilayah Sumberjo, Karang Putih, Sapan, Pasir Putih dan Simancuang.

Begitupun pipa PDAM hanyut terbawa banjir, puluhan hektar sawah disapu air bah. Sampai berita ini diturunkan pukul 21.30 WIB hujan masih turun lebat.


Personil Polres Solsel,bersama warga Liki membantu warga.

Dari hasil pantauan Media malam ini, sejumlah sungai besar seperti Batang Bangko, Batang Suliti, Batang Lolo dan anak sungai meluap. Di jembatan besi Nagari Koto.Baru air sudah hampir sampai ke badan jembatan.

Ratusan rumah di Jorong Kiambang juga terendam, begitu juga di Kampung terandam warga juga sudah mengungsi, belum lagi di KPGD ratusan rumah juga digenangi air. Sampai berita ini diturunkan tidak ada korban jiwa. (Hendrivon)