Tamu dari Brunei Jadi Joki Itik Terbang

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Tamu dari Brunei Jadi Joki Itik Terbang

Senin, 25 November 2019
.

Payakumbuh, fajarsumbar.com - Tamu spesial yang hadir ke Kota Payakumbuh dari Brunei Darussalam mencoba merasakan sensasi menerbangkan itik pacu di Kelurahan Sicincin, (25/11). Bersama Ketua Dekranasda Kota Payakumbuh Henny Riza dan Staf Ahli Elfriza Zaharman 'Cece'.

Orang Brunei yang datang ke Kota Randang itu takjub saat melihat bagaimana itik bisa terbang dan diperlombakan sebagai salahsatu cabang olahraga di Payakumbuh. 

Menurut mereka hal ini baru pertama kali mereka rasakan, karena memang Pacu Itik hanya ada di Payakumbuh, khususnya Luak Limopuluah.

Tampak hadir mendampingi Kepala Disparpora Andiko Jumarel dan pengurus PORTI Kota Payakumbuh, Dt. Rajo Endah bersama joki itik yang berpakaian adat khas minangkabau dalam pertunjukan singkat itu.

"Tamu Thailand, Korea, dan Malaysia sudah sering melihat pacu itik kita, namun orang Brunei baru pertama kali ini yang menyaksikan," kata Dt. Rajo Endah.

Ketua Dekranasda Henny Riza Falepi nampak ikut dalam keseruan menjadi joki itik terbang bersama Cece dan 2 perwakilan tamu dari Brunei itu, keempatnya terlihat sedikit canggung dari cara memegang itik pacunya jagoannya masing-masing, namun mereka antusias mencobanya.

Itik dilepas, sorak-sorai joki dan penonton diikuti tepuk tangan masyarakat setempat, meskipun singkat, namun hal ini bakal melekat dalam ingatan siapapun yang pernah mencoba merasakan olahraga masyarakat yang khas ini.

"Seru juga rasanya melepas itik pacu untuk terbang, ternyata tidak semudah yang kita fikirkan ya," tukuk Henny bersama tamu Brunei sembari tertawa lepas. (013)