Tanah Datar Laksanakan Upacara Hari Pahlawan

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Tanah Datar Laksanakan Upacara Hari Pahlawan

Minggu, 10 November 2019
Suasana Upacara Hari Pahlawan 2019 DI batusangkar, bertindak sebagai I spektur Upacara, Dandim, Letkol. I F. Edi Sugiarto Harahap. (S.Saidi)

Tanah Datar, fajarsumbar.com - Hari Pahlawan Tahun 2019 diperingati dengan upacara bendera yang dilaksanakan di Lapangan Gumarang Batusangkar, Minggu (10/11/2019) dan bertindak sebagai inspektur Dandim 0307/TD Letkol. Inf Edi Sugianto Harahap.

Letkol Inf Edi S membacakan sambutan Menteri Sosial RI menyebutkan peringatan hari pahlawan diperingati setiap tahun untuk mengingatkan kepada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan memperingati Hari Pahlawan rakyat Indonesia diharapkan akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan pahlawan.

“Hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar,” sebut Edi mengutip ungkapan The Founding Father Bung Karno.

Selain itu sampai Edi, dengan peringatan hari pahlawan, ayo bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini sebagaimana tema peringatan tahun ini, “Aku Pahlawan Masa Kini”.

Menaburkan bunga di makam pahlawan.

Dijelaskan menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan provokasi yang dapat menganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoaks, tidak melalukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.


Upacara ini diikuti Forkompinda, Rektor IAIN, Sekda Irwandi, pejabat di lingkup pemkab Tanah Datar dan perwira Kodim dan Polres Tanah Datar, Legiun Veteran Republik, Indonesia, pimpinan instansi dan ormas, ASN serta pelajar.

Setelah upacara, dilanjutkan dengan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan Bahagia Batusangkar dengan inspektur upacara Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo (St.Saidi)