Wabup Tinjau Korban Kebakaran di Sungai Padi

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Wabup Tinjau Korban Kebakaran di Sungai Padi

Jumat, 22 November 2019
Wakil Bupati Solsel Abdul Rahman,saat menjinjau warga yang terkena musibah kebakaran dijorong Sei Padi Sangir.Jumat (22/11).

Solsel, fajarsumbar.com - Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman, Jumat (22/11) kunjungi rumah warga korban kebakaran di Jorong Sungai Padi, Kecamatan Sangir.

Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman selain meninjau lokasi kebakaran, juga menyerahkan bantuan berupa kebutuhan rumah tangga dan sembako.

Wabup menjelaskan, tidak pernah petugas pemadam kebakaran yang sukses memadamkan api. Armada damkar sering rusak, mengambil air jauh. Ke depan harus dievaluasi, perlu anggaran yang mencukupi setiap dinas yang berkaitan dengan kebencanaan.

"Mobil Damkar harus ditambah, intek air harus ada, dan petugas harus dibekali Sumber Daya Manusia (SDM)," tukasnya.

Anggaran APBD tahun 2020, yang pasti Pemkab tidak boleh berandai-andai dengan bencana. Solsel ini daerah rawan bencana, diakhir tahun ini saja sudah berkali-kali angin puting beliung merusak rumah warga, kemarin banjir bandang dan longsor. Hari ini kebakaran lagi," ungkap Wabup.

"Sebab, bencana akhir tahun sering kali dialami Solsel di BPBD Solsel dan Dinas sosial pun anggarannya minim, bisa dibilang nol kilometer," terangnya.

Beruntung saja di Palang Merah Indonesia (PMI) masih ada familikid sebut Abdul Rahman, jika tidak tentunya korban bencana kebakaran ini hanya tidur di tenda saja.

"Kalau tak ada perlengkapan familikid, beras, terval dan lainnya kebutuhan rumah tangga korban kebakaran. Mungkin saja hanya bantuan tenda yang akan didapatkan sementara, bahkan di Dinsos tak tersedia," katanya.

Wabup berharap kepada warga, agar lebih berhati hati dengan kondisi cuaca yang belum stabil ini, terkadang hujan, terkadang kemarau, kemarau waspada dengan api,hujan waspada dengan banjir," ajak Wabup. (Hendrivon)