DPRD Padang Panjang Dukung Peningkatan Ekonomi Kerakyatan dan Pemerataan Pembangunan

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

DPRD Padang Panjang Dukung Peningkatan Ekonomi Kerakyatan dan Pemerataan Pembangunan

Minggu, 01 Desember 2019


Rapat Paripurna  DPRD Kota Padang Panjang Dalam Rangka Memperingati HJK Padang Panjang ke 229.

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Panjang menggelar Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kota Padang Panjang ke 229, yang dihadiri Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, unsur Forkopinda Sumbar, Walikota Padang Panjang Fadly Amran , Wakil Walikota Asrul, unsur Forkopinda Kota Padang Panjang, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, perwakilan bupati dan walikota se-Sumatera Barat serta provinsi tetangga, tokoh masyarakat, ninik mamak dan bundo kanduang, bertempat di Gedung DPRD setempat, Minggu (1/12). 

Ketua DPRD Kota Padang Panjang Mardiansyah,A.Md dalam sambutan ketika membuka sidang paripurna menyampaikan, DPRD Kota Padang Panjang sebagai mitra pemerintah daerah terus mendukung berbagai upaya dalam pemerataan berbagai aspek pembangunan, serta peningkatan perekonomian dan taraf kehidupan masyarakat Padang Panjang.


.

“Melalui sidang paripurna ini, kembali kami mengingatkan kepada saudara Walikota dan Wakil Walikota serta Sekretaris Daerah untuk melakukan evaluasi terhadap kinerja Organisasi Perangkat Daerah yang tidak mampu melakukan penyerapan anggaran dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah. Apalagi, pada tahun anggaran 2020, kita mengalami devisit sebesar Rp53 miliar lebih. Tentunya ini agar menjadi perhatian dari saudara Walikota, Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah,” pesan Mardiansyah.


.
 Melalui kesempatan itu, Mardiansyah juga menyampaikan, terkait pelaksanaan MTQ Nasional Tingkat Sumatera Barat di Kota Padangpanjang dan rencana menjadi tuan rumah Porprov Tahun 2022. Agar pemerintah daerah melalui TAPD bisa melakukan konsultasi soal anggaran pelaksanaan, sehingga Padangpanjang bisa lebih mematangkan persiapan sebagai tuan rumah maupun sebagai peserta.

“Kami juga meminta masukan dan kritikan dari masyarakat, terkait kinerja DPRD Kota DPRD Kota Padang Panjang periode 2019-2023. Apalagi, seluruh anggota dewan telah berkomitmen untuk bersama-sama dalam mengawal aspirasi masyarakat dalam mewujudkan masyarakat yang aman, sejahtera dan madani,” pesan politisi dari Partai Amanat Nasional itu.

Sementara, Walikota Fadly Amran dalam kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan jajaran DPRD Kota Padang Panjang yang telah bersama-sama pemerintah daerah dalam mengawal program pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mengembalikan kejayaan Padang Panjang sebagai Kota Serambi Mekah.

“Tugas kita kedepan sangatlah berat, tanpa dukungan dari DPRD dan masyarakat, tentunya apa yang kita rencanakan juga tidak bisa berjalan dengan baik. Apalagi, DPRD memiliki peranan yang cukup penting dalam pengawasan dan penganggaran,” sebut Fadly Amran.


Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dalam kesempatan itu, mengingatkan tentang perkembangan pembangunan di Kota Padang Panjang. Apalagi, sebagai kota yang berada di daerah perlintasan, Padangpanjang harus segera berbenah agar tidak tertinggal dengan daerah lain, khususnya dalam bidang pariwisata.


“Potensi yang dimiliki Padang Panjang sudah cukup memadai, tinggal bagaimana memolesnya dengan kebijakan pembangunan dan pengembangan sektor-sektor pariwisata baru. Sehingga, wisatawan tidak hanya mampir untuk makan atau lewat saja di DPRD Kota Padang Panjang kemudian melanjutkan perjalanan ke Bukittinggi ataupun sebaliknya,” pesan Irwan Prayitno.

.
 Irwan Prayitno juga mengingatkan kepada pasangan Walikota dan Wakil Walikota agar tidak mengulangi kesalahan yang sama pada pemerintahan sebelumnya. Dimana, antara Walikota dan Wakil Walikota tidak sejalan, sehingga mengganggu jalannya roda pemerintahan.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan penyampaian sepatah kata oleh Tokoh Masyarakat setempat yang disampaikan oleh Dr.Arzul Jamaan,S.Kar,M.Hum Dt. Endah Kayo nan Kuniang serta penyerahan penghargaan kepada Tokoh Masyarakat dalam bidang Sosial Budaya yang diterima Arzul Jamaan Dt.Endah Kayo Nan Kuniang, Bidang Pendidikan kepada Drs.Taslimudin Dt. Tungga

.
Kemudian Bidang Pemuda dan Olahraga kepada Yuliza Zein dan Alvin Nur Akbar, Bidang Sosial Kemasyarakatan kepada H.Defrial ST, Dt. Banso Rajo dan Drs.H Rafles Sama, bidang Pemberdayaan Perempuan kepada Syahniar,A.Md.Pd, Bidang Keagamaan kepada Drs.H.Abizar Lubis,M.Ag, Bidang Koperasi, Dunia Usaha dan UKM kepada Pris Kurniawati dan Bidang Kemanusian kepada H.Firdaus,S.Pd.

Selain itu, juga diserahkan penghargaan kepada Unit Pengumpul Zakat terbaik, Perusahaan Pembayar Zakat Terbaik dan Muzaky Pembayar Zakat Terbaik yang disalurkan melalui Badan Amir Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang Panjang. (*/adek)