Yakesma Bantu Korban Banjir Solok Selatan

Iklan Semua Halaman

iklan halaman depan

Yakesma Bantu Korban Banjir Solok Selatan

Selasa, 03 Desember 2019
Tim relawan Yakesma menyerahkan bantuan untuk korban banjir Solok Selatan. ist
Solsel, Fajarsumbar.com-Banjir bandang yang terjadi  pada Minggu malam 24 November lalu  telah meluluhlantakkan sejumlah nagari di Kabupaten Solok Selatan.  Dua lokasi terparah yaitu Jorong Sapan Salak dan Jorong Manggis Nagari Pakan Raba’a Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh saat ini masih terisolasi disebabkan rusaknya sejumlah infrastruktur. Menurut data dikeluarkan BNPB , sebanyak 1.952 rumah terendam, 26 rumah rusak, 5 jembatan putus, dan 29 hektar sawah tidak bisa ditanami. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 57 miliar.

Melihat kondisi memprihatinkan itu, Tim Relawan Lembaga Amil Zakat Nasional Yakesma mengunjungi dan menyerahkan bantuan bagi korban banjir bandang di Jorong Manggis. Bantuan diserahkan Minggu (1/12).

Jorong Manggis termasuk lokasi jauh di pedalaman. Medannya cukup berat hanya bisa diakses dengan menggunakan kendaraan di tertentu. Banyak warga yang kehilangan tempat tinggal sehingga terpaksa mengungsi di salah satu mushalla. Selain itu mereka juga terancam kehilangan mata pencaharian karena banyak sawah yang rusak tidak bisa ditanami.

Kepala Cabang Yakesma Sumbar, Syafri menyebutkan, di lokasi bencana relawan Yakesma bersama BPBD dan relawan lainnya membantu masyarakat membersihkan rumah-rumah mereka dari material lumpur dan kayu yang berserakan. Pada kesempatan ini, Yakesma juga memberikan bantuan berupa perlengkapan mandi, alat tulis dan satu unit genset.

Selain itu, mengingat banyak warga yang mengalami trauma pasca bencana, Yakesma juga memberikan trauma healing kepada anak-anak. "Anak-anak korban bencana ini diharapkan bisa kembali beraktivitas seperti semula," ujar Syafri.

Beberapa warga yang rumahnya hancur yang berada di zona merah, pemerintah akan merelokasi mereka ke tempat yang lebih aman. Berkaitan dengan itu, Yakesma berencana akan membantu mereka membuatkan rumah hunian sementara.  Kepada masyarakat yang ingin berdonasi, silakan salurkan melalui rekening Yakesma di Bank Syariah Mandiri nomor rekening 7778787126. (Rizal)