Apel Gabungan Bawaslu Padang Panjang, Santina Serahkan SK Staf Sekretariat Panwascam

iklan halaman depan



Apel Gabungan Bawaslu Padang Panjang, Santina Serahkan SK Staf Sekretariat Panwascam

Senin, 13 Januari 2020
Ketua Bawaslu Padang Panjang Santina menyerahkan SK Staf Sekeretariat Panwascam Pemilu 2020 kepada Ketua Panwascam Padang Panjang Timur Syamsuarni 

Padang Panjang, fajarsumbar.com-Ketua Bawaslu Padang Panjang Santina menegaskan, Pengawas Pemilu harus memiliki soliditas, integritas, mentalitas, dan profesionalitas (SIMP). Dengan begitu dapat tercipta asas Pemilu yang demokratis, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Makanya untuk mewujudkan Pemilu demokratis itu penyelenggara harus memiliki SIMP. Sehingga untuk pembinaan pengawas Pemilu agar semua siap menghadapi tahapan Pemilu 2020 ke depan,” ujar Santina pada Apel Gabungan, Senin (13/1) di halaman kantor Bawaslu setempat.

Santina menyadari, untuk mengawasi pesta demokrasi, butuh kerja sama semua elemen dan harus selalu bersosialisasi di masyarakat. Artinya, kerja-kerja Bawaslu harus selalu didukung oleh stakeholder dan untuk mewujudkan itu, butuh komitmen seluruh jajaran Bawaslu Padang Panjang. 

" Ini termasuk bentuk pengawasan partisipatif, sesuai tagline Bawaslu, “Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu”,” tandasnya pada apel gabungan bersama Panwascam dan sekretariat itu.

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Padang Panjang Santina mengucapkan selamat kepada Staf Sekretariat Panwas Kecamatan Pemilu 2020, yang telah ditetapkan usai mengikuti tes pada Tahapan Rekrutmen Staf Panwas Kecamatan.

" Staf sekretariat Panwas Kecamatan berperan memberikan dukungan tekhnis dan administrasi kepada Panwas Kecamatan dalam melakukan pengawasan Pemilu sesuai peraturan dan perundangan," ujar Santina.

Sedangkan Kordinator Divisi SDM, Oganisasi Data dan Informasi Bawaslu Padang Panjang Jhoni Aulia mengingatkan staf Panwas Kecamatan untuk bekerja sesuai dengan peran staf Sekreteriat Panwas Kecamatan itu sendiri.

" Butuh kerjasama dengan menciptakan team work guna mendukung lancar tugas Panwas Kecamatan dalam melakukan pengawasan dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pengawasan pemilu di masing-masing kecamatan," ujar Jhoni Aulia.

Tak jauh berbeda apa yang disampaikan Jhoni Aulia, Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota Padang Panjang Zulhairi juga menekan agar staf Panwas Kecamatan untuk membina team work yang kuat dalam memberikan dukungan tekhnis dan administrasi.

Disebutkan Zulhairi, dukungan tekhnis dan administrasi kepada Panwas Kecamatan diantaranya menyiapkan bahan tekhnis untuk pengawasan seperti menyiapkan surat-surat, menyiapkan data dan menggali data dari sumber lain.

Mengolah data dan bahan pengawasan seperti mengumpulkan data untuk kebutuhan pengawasan setiap tahapan pemilu serta membuat klafikasi dan menyajikan data kepada anggota Panwas Kecamatan dalam melakukan pengawasan pemilu.

Disamping itu kata Zulhairi, staf Panwas Kecamatan membantu dalam melakukan identifikasi stake holder dalam rangka membangun kerjasama dan komunikasi dengan menyiapkan data, profil, " Dan bila diperlukan membantu menyiapkan kerangka kerja," ujarnya. ( adek )